Forsan Salaf

Beranda » Majelis Ifta' » Bershalawat Dengan “SAYYIDINA”, Shalatnya ?

Bershalawat Dengan “SAYYIDINA”, Shalatnya ?

sayyidinaAssalamualaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah,terimakasih atas jawaban yg telah diberikan sehingga tidak ada keraguan lagi bagi kami.Dan selanjutnya kami ingin bertanya sbb.
Apakah betul mengucapkan kata Sayidina dalam shalat(tasyahud awal/akhir) tidak boleh, Yang boleh dan benar diucapkan hanya diluar shalat.
Terima kasih.
Majlis Zikir Al Ikhlas Jelojok Lombok Tengah NTB.

FORSANSALAF menjawab :

Wa’alaikum salam Wr. Wb.

Menyertakan kalimat “SAYYIDINA” dalam sighat shalawat atas Nabi ketika shalat tidak membatalkan shalat bahkan sebaliknya mayoritas ulama seperti Ibn Dhahirah, Ibn Hajar, al-Kurdi, az-Zayadi, al-Halibiy dan lainnya menyatakan bahwa menyertakannya dalam sighat shalawat lebih utama daripada meniadakannya. Adapun hadits Rasulullah SAW dalam tatacara bershalawat berikut :

عَنْ أَبِي سَعِيدْ اَلْخُدْرِي قَالَ : قُلْنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ هَذَا السَّلاَمُ عَلَيْكَ فَكَيْفَ نُصَليِّ عَلَيْكَ ؟ قَالَ ( قُوْلُوا اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ كَمَا صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَباَرِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَآلِ إِبْرَاهِيْمَ )

Dari Abi Sa’id alkhudri berkata :” kami berkata kepada Rasulullah :” wahai Rasulullah, ini adalah salam untukmu, lalu bagaimana cara kami bershalawat kepadamu ?”, maka Rasulullah berkata :” ucapkanlah :

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ كَمَا صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا باَرَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمْ

, jika kita melihat hadits di atas, kita ketahui bahwa Rasulullah memerintahkan bacaan shalawat dengan tanpa menyertakan kalimat “SAYYIDINA”. Hal ini akan memberikan kesan bahwa para ulama’ yang berpendapat lebih utama bershalawat dengan menyertakan kalimat “SAYYIDINA” itu tidak melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW. Mereka berpendapat demikian mendasarkan pada sulukul adab khoirun min imtitsalil amri” (adab kepada Rasulullah (dengan memanggil yang lebih mulia) adalah lebih utama daripada melaksanakan perintah beliau).

Namun sebagian ulama’ lainnya seperti alhabib Abdullah bin Alawi Al-Haddad mendasarkan pada “imtitsalul amri khoirun min sulukil adab” (melaksanakan perintah Rasulullah lebih utama daripada memperhatikan adab), sehingga mereka menyatakan bershalawat dengan tanpa menyertakan kalimat “SAYYIDINA” itu lebih utama daripada dengan menyertakannya. [1]

Adapun riwayat hadits yang dijadikan hujjah larangan mengucapkan kalimat “SAYYID” kepada Rasulullah oleh sebagian golongan adalah tidak benar dan batil. Hadits yang mereka maksudkan adalah :

{ لاَ تُسَيِّدُونِي فِي الصَّلاَةِ }

“ janganlah kalian mengucapkan kalimat “sayyid” kepadaku”

Hadits ini tidak memiliki dasar sama sekali, bahkan dalam segi bahasa termasuk kesalahan fatal yang tidak mungkin diucapkan oleh Nabi sebagai paling fasihnya orang arab dalam bertutur kata. Hal ini dikarenakan kalimat “sayyid“ berasal dari kata “  سَادَ – يَسُوْدُ  “ , yang seharusnya ketika menginginkan makna seperti dalam hadits, maka dengan redaksi “ لاَ تُسَوِّدُوْنِي “ dan bukanlah dengan “ لاَ تُسَيِّدُونِي  “ . Oleh karena itu, pernyataan ini tidak bisa dijadikan hujjah pelarangan memanggil “sayyid” kepada Rasulullah SAW. [2]

[1] حواشي الشرواني – (ج 2 / ص 86)

قوله: (على محمد) والافضل الاتيان بلفظ السيادة كما قاله ابن ظهيرة وصرح به جمع وبه أفتى الشارح لان فيه الاتيان بما أمرنا به وزيادة الاخبار بالواقع الذي هو أدب فهو أفضل من تركه وإن تردد في أفضليته الاسنوي.وأما حديث: لا تسيدوني في الصلاة فباطل لا أصل له كما قاله بعض متأخري الحفاظ وقول الطوسي: إنها مبطلة غلط شرح م ر اه سم عبارة شرح بافضل: ولا بأس بزيادة سيدنا قبل محمد اه. وقال المغني: ظاهر كلامهم اعتماد عدم استحبابها اه. وتقدم عن شيخنا أن المعتمد طلب زيادة السيادة وعبارة الكردي واعتمد النهاية استحباب ذلك وكذلك اعتمده الزيادي والحلبي وغيرهم وفي الايعاب الاولى سلوك الادب أي فيأتي بسيدنا وهو متجه اه. قال ع ش: قوله م ر:لان فيه الاتيان الخ يؤخذ من هذا من سن الاتيان بلفظ السيادة في الاذان وهو ظاهر لان المقصود تعظيمه (ص) بوصف السيادة حيث ذكر اهـ

مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج  – (ج 2 / ص 400)

قَالَ فِي الْمُهِمَّاتِ : وَاشْتُهِرَ زِيَادَةُ سَيِّدِنَا قَبْلَ مُحَمَّدٍ ، وَفِي كَوْنِهَا أَفْضَلَ نَظَرٌ وَفِي حِفْظِي أَنَّ الشَّيْخَ عِزَّ الدِّينِ بَنَاهُ عَلَى أَنَّ الْأَفْضَلَ سُلُوكُ الْأَدَبِ أَمْ امْتِثَالُ الْأَمْرِ ؟ فَعَلَى الْأَوَّلِ يُسْتَحَبُّ دُونَ الثَّانِي . ا هـ . وَظَاهِرُ كَلَامِهِمْ اعْتِمَادُ الثَّانِي ،

إعانة الطالبين – (ج 1 / ص 201)

(قوله: وهو اللهم صل على محمد وعلى آل محمد، كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إلخ) قال في شرح البهجة الكبير ما نصه: وفي الاذكار وغيره: الافضل أن يقول: اللهم صل على سيدنا محمد عبدك ورسولك النبي الامي وعلى آل محمد وأزواجه وذريته كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم.وبارك على محمد النبي الامي وعلى آل محمد وأزواجه وذريته كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم. في العالمين إنك حميد مجيد. اه ع ش.

فتح المعين – (ج 1 / ص 200)

(ويسن أكملها في تشهد) أخير، وهو: اللهم صل على محمد وعلى آل محمد، كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم، وبارك على محمد وعلى آل محمد، كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم، إنك حميد مجيد. والسلام تقدم في التشهد فليس هنا إفراد الصلاة عنه، ولا بأس بزيادة سيدنا قبل محمد.

[2] أسنى المطالب  – (ج 2 / ص 466)

قَالَ فِي الْمُهِمَّاتِ وَاشْتُهِرَ زِيَادَةُ سَيِّدِنَا قَبْلَ مُحَمَّدٍ وَفِي كَوْنِهِ أَفْضَلَ نَظَرٌ وَفِي حِفْظِي أَنَّ الشَّيْخَ عِزَّ الدِّينِ بَنَاهُ عَلَى أَنَّ الْأَفْضَلَ سُلُوكُ الْأَدَبِ أَمْ امْتِثَالُ الْأَمْرِ فَعَلَى الْأَوَّلِ يُسْتَحَبُّ دُونَ الثَّانِي انْتَهَى . قَوْلُهُ : فَعَلَى الْأَوَّلِ يُسْتَحَبُّ دُونَ الثَّانِي ) قَالَ ابْنُ ظَهِيرَةَ الْأَفْضَلُ الْإِتْيَانُ بِلَفْظِ السِّيَادَةِ كَمَا صَرَّحَ بِهِ جَمْعٌ وَبِهِ أَفْتَى الْجَلَالُ الْمَحَلِّيُّ جَازِمًا بِهِ قَالَ ؛ لِأَنَّ فِيهِ الْإِتْيَانَ بِمَا أُمِرْنَا بِهِ وَزِيَادَةَ الْإِخْبَارِ بِالْوَاقِعِ الَّذِي هُوَ أَدَبٌ فَهُوَ أَفْضَلُ مِنْ تَرْكِهِ ، وَإِنْ تَرَدَّدَ فِي أَفْضَلِيَّتِهِ الْإِسْنَوِيُّ .ا هـ .وَحَدِيثُ { لَا تُسَيِّدُونِي فِي الصَّلَاةِ } بَاطِلٌ لَا أَصْلَ لَهُ كَمَا قَالَهُ بَعْضُ مُتَأَخِّرِي الْحُفَّاظِ وَقَوْلُهُ الْأَفْضَلُ الْإِتْيَانُ بِلَفْظِ السِّيَادَةِ أَشَارَ إلَى تَصْحِيحِهِ .


12 Komentar

  1. hafas mengatakan:

    jawaban yg sangat bermanfaat…trimakasih buat forsansalaf atas ilmu2nya selama ini.
    BRAVO team forsansalaf…

  2. Noer mengatakan:

    Bagaimana dengan hadits-hadits ini ustadz :

    1. Dan Abdillah bin asy-Syikhkhir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Saya datang bersama rombongan bani ‘Amir kepada Rasulullah saw, lalu kami berkata: “Engkau adalah sayyid (tuan) kami. Lalu beliau bersabda: “As- Sayyid adalah Allah tabaraka wata’ala”. (HR. Abu Daud)

    2. Dan Anas bin Malik, bahwasanya ada seseorang berkata kepada nabi Muhammad saw: “Wahai sayyid kami, anak sayyid kami, yang terbaik diantara kami, dan anak orang yang terbaik diantara kami. Lalu Rasulullah saw bersabda: “Wahai manusia, katakan dengan perkataan kalian (sewajarnya), dan janganlah syetan memperdayakanmu, saya adalah Muhammad bin Abdullah, dan Rasul Allah, demi Allah, aku tidak suka kalian meninggikanku melebihi kedudukan yang Allah berikan kepadaku “. (HR. Ahmad dan an- Nasa’i di kitab Amalil Yaumi Wal-Lailah)

    3. Pada waktu Rasulullah saw mendengar seseorang berkata: Masya-Allah wa syi’ta (Atas kehendak Allah dan kehendakmu), beliau bersabda:
    Apakah karnu menjadikanku dan Allah sebanding? Akan tetapi katakanlah: Masya-Allah wahdahu (kehendak Allah semata. (HR. Ahmad)

    Syukron.

  3. ahsan mengatakan:

    Siiiiip…..

  4. Ahmad mengatakan:

    Asww, @ Noer : Hadist2 yang anda kemukakan benar adanya, menunjukan sifat tawadhu RasuluLlah, adapun penyebutan Sayyid, baik untuk Rasul SAW maupun Nabi & Rasul & Orang2 yang dimuliakan Allah swt, adalah diperbolehkan dengan jelas, berikut dalil2nya:
    1. Al Qur’an menyebut Nabi Yahya as sebagai Sayyid.
    Kemudian para malaikat memanggilnya, ketika dia berdiri melaksanakan shalat di Mihrab,”Allah menyampaikan kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran) Yahya, yang membenarkan sebuah kalimat (firman) dari Allah, Sayyidan / panutan, pandai menahan diri dan seorang Nabi di antara orang-orang shaleh” (QS Ali Imran: 39.

    2. RasuluLlah sebagai sayyidnya Bani Adam.
    “Aku adalah Sayyid anak cucu Adam, tanpa maksud berbangga diri (HR Ahmad, Muslim, Abi Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah)

    3. Gelar sayyid bagi cucu RasuluLlah.
    – Dari Abu Sa’id Al Khudri yang berkata RasuluLlas saw bersabda: “Al Hasan & Al Husayn Sayyid (penghulu) pemuda ahli surga” (Musnad Imam Ahmad). Saya bawakan hanya satu versi saja agar tidak terlalu panjang, namun banyak sekali hadist2 yang semakna dengan, dari berbagai jalur periwayatan dan berkualitas shahih.
    Adapun panggilan sayyid sendiri sangatlah umum, bahkan digunakan untuk percakapan sehari2 di negeri arab, sehingga sangatlah aneh & tidak wajar jika kata tersebut dipermaslahkan. Salam Ukhuwwah. Wassalam.

  5. al haddad mengatakan:

    kynya jawaban mas ahmad terlalu di paksain deh (afwan)..jelas hadisr riwaya abu daud terang benderang bagi matahari di siang bolong kalou rasululloh tidak suka di panggil sayyidina,,,yang ngelarang rasul sendiri looooh…ngk perlu2 amat ilmu tinggi untuk menta’wil nya

  6. elfasi mengatakan:

    @ alhaddad, mas baca lagi tuhh artikel di atas dg baik2…..
    dalil yg dijadikan dalil larangan memanggal SAYYIDINA kpd Rasulullah sangat bermasalah spt ituuu….sangat aneh skali jk org yang mngaku pengikut sunnah, tp malah menggunakan hadits bathil spt ituuu…

  7. Ahmad mengatakan:

    Asww, @ Al Haddad : Jawaban saya kan juga terang benderang kan??? Bagai Sang Surya menyinari dunia…he he he….yang saya sebutkan dari Qur’an juga looooohhhh…..
    Monggo dibaca lagi denganm seksama antara hadist yang dibawakan oleh Noer maupun yang saya bawakan. Afwan. Wassalam.

  8. abib mengatakan:

    aslm…udah mas jawban tadi udah jelas dan terperinci…. Skarang PR kita adalah gmana agar orang2 pada sholat… Jgankan masalah pake sayyidina pa nggak, lha wong saiki sing ra sholat akeh……

  9. Noer mengatakan:

    Syukron ustadz..

  10. santhos mengatakan:

    Rosululloh adlh sebaik2 contoh akhlak,ga mgkn Beliau menyuruh umatnya utk menyanjungnya,sebab jika demikian berarti krg sempurna akhlak beliau.pdhl beliau kan di utus utk menyempurnakan akhlak umat manusia.nah…kt dong sbgai umatnya yg hrs tau diri.masa manggil pimpinan dunia akherat dg sebutan namanya aj.ga etis toh…!prajurit aj kalo manggil pimpinannya tanpa sebutan(komandan atau jendral) pasti di gampar.dah deh…ga usah byk2 dalil.paling sumbernya dr situ2 aj…,ujung2nya buat debat n nyalahken sdr sndri.

  11. Pasukan Imam Ali mengatakan:

    Masya Allah, Ane setuju sama Santhos..Kan Ngga enak banget manggil Orang Tua kita pakai Nama aja..Apalagi Baginda Yang Mulia dan Tercinta Sayyidina Wa Habibina Wa Qurroti ‘a’yunina Wa Maulana Muhammad, Kalo Bisa Manggil Beliau dengan Panggilan seindah-indahnya Panggilan donk cuy..Weleh-weleh..Gawat dah Wahabi Blekoq…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: