Forsan Salaf

Beranda » Majelis Ifta' » Kafaah Dalam Kacamata Islam

Kafaah Dalam Kacamata Islam

CADAR1. assalamualaikum,
ana Abdul Aziz Al-Hinduwan,dr lombok
apakh ada dalil2 yg berupa hadits atau pendapat para ulama yg mengaharamkan syarifah nikah dg non sayyid? ana jg mau ngusul Habib Taufiq mengeluarkan buku yg menerangkan masalah di atas & tentang mulianya nasab Rasulullah,tlong jawabannya ditampilkan di situs forsansalaf,supaya bisa dibaca oleh yg lain..Jazakumullah

2. Assalamu’alaikum.wr.wb..
Ustad, ada yang mau ana pertanyakan.. Bolehkah seorang syareefah menikah dg non sayyid? Ana pernah mendengar ada ulama’ yang memperbolehkannya.. Mohon penjelasan detailnya.. Jazakumullah khair..

From : nilmah barakwan <barakwan47@gmail.com>

FORSAN SALAF menjawab :

Kafaah secara bahasa bermakna : sederajat atau sama, sedangkan menurut istilah adalah : perkara yang dapat menimbulkan kejelekan/aib jika tidak ada.

Kafaah dipandang dari 5 hal :

  1. Iffah (menjaga terhadap agama). Orang fasiq (terus menerus berbuat dosa kecil atau pernah berbuat dosa besar) tidak sekufu’ dengan orang yang adil.
  2. Terbebas dari segala aib yang bisa menetapkan hak khiyar, seperti gila, lepra, atau penyakit belang.
  3. Merdeka/budak. Seorang budak tidak sekufu’ dengan orang yang merdeka.
  4. Nasab. Orang ‘ajam tidak sekufu’ dengan orang arab, orang arab yang bukan kaum quraisy (golongan bani Hasyim dan Abdi Manaf) tidak sekufu’ dengan orang quraisy dan selain keturunan dari sydt Fatimah (selain keturunan syd Hasan dan syd Husein) tidak sekufu’ dengan keturunan beliau.
  5. Hirfah (pekerjaan). Orang yang pekerjaannya rendahan seperti yang berkaitan dengan najis (tukang bekam/cantuk, tukang sampah atau tukang jagal) tidak sekufu’ dengan pedagang. Namun sebagian ulama’ tidaklah memandang pekerjaan sebagai salah satu factor penetapan kafaah.

Kafaah menurut madzhab Syafi’i bukanlah syarat sahnya nikah akan tetapi menjadi hak dari seorang perempuan dan wali nikahnya. Sehingga jika salah satu dari wali atau si perempuan berniat menggugurkan kafaah dengan menginginkan orang yang tidak sekufu’ seperti seorang syarifah (perempuan keturunan dari syd Hasan atau syd Husein) menginginkan menikah dengan laki-laki pilihannya yang yang bukan seorang syarif, namun tidak mendapat restu dari walinya, maka pernikahannya tidak sah walaupun yang menikahkan adalah hakim. Namun jika ada keridhoan dari keduanya (si perempuan dan seluruh walinya sederajat) untuk menggugurkan hak kafaah, maka menurut kalangan fukoha’ pernikahannya sah. Akan tetapi menurut pandangan dari para habaib khususnya ulama’ dari Hadramaut menyatakan bahwa hak kafaah yang berupa nasab khusus keturunan Nabi (keturunan syd Hasan dan syd Husein) dimiliki oleh seluruh wali baik yang dekat ataupun yang jauh. Hal ini memberikan pengertian bahwa hak kafaahnya dimiliki oleh para syarif di seluruh penjuru dunia, karena mereka semua masih satu saudara yaitu dari syd Hasan dan syd Husein.

SARAN: pernikahan adalah perihal yang berkaitan dengan halal atau haramnya berhubungan dengan istri. Oleh karena itu, walaupun ada ulama’ yang menyatakan sah pernikahan dengan syarifah ketika ada keridhoan si perempuan dan walinya, namun untuk kehati-hatian, tidak melakukannya agar terhindar dari pendapat ulama’ yang menyatakan tidak sah.

إعانة الطالبين – (ج 3 / ص 377)

فصل في الكفاءة أي في بيان خصال الكفاءة المعتبرة في النكاح لدفع العار والضرر . وهي لغة: التساوي والتعادل. واصطلاحا أمر يوجب عدمه عارا. وضابطها مساواة الزوج للزوجة في كمال أو خسة ما عدا السلامة من عيوب النكاح (قوله: وهي) أي الكفاءة. وقوله معتبرة في النكاح لا لصحته: أي غالبا، فلا ينافي أنها قد تعتبر للصحة، كما في التزويج بالاجبار، وعبارة التحفة: وهي معتبرة في النكاح لا لصحته مطلقا بل حيث لا رضا من المرأة وحدها في جب ولا عنة ومع وليها الاقرب فقط فيما عداهما. اه. ومثله في النهاية وقوله بل حيث لا رضا، مقابل قوله لا لصحته مطلقا، فكأنه قيل لا تعتبر للصحة على الاطلاق وإنما تعتبر حيث لا رضا. اه. ع ش. (والحاصل) الكفاءة تعتبر شرط للصحة عند عدم الرضا، وإلا فليست شرطا لها

المنهاج للنووي – (ج 1 / ص 308(

وَخِصَالُ الْكَفَاءَةِ: سَلَامَةٌ مِنْ الْعُيُوبِ الْمُثْبِتَةِ لِلْخِيَارِ وَحُرِّيَّةٌ، فَالرَّقِيقُ لَيْسَ كُفْئًا لِحُرَّةٍ، وَالْعَتِيقُ لَيْسَ كُفْئًا لِحُرَّةٍ أَصْلِيَّةٍ، وَنَسَبٌ، فَالْعَجَمِيُّ لَيْسَ كُفْءَ عَرَبِيَّةٍ، وَلَا غَيْرُ قُرَشِيٍّ قُرَشِيَّةً، وَلَا غَيْرُ هَاشِمِيٍّ وَمُطَّلِبِيٍّ لَهُمَا، وَالْأَصَحُّ اعْتِبَارُ النَّسَبِ فِي الْعَجَمِ كَالْعَرَبِ، وَعِفَّةٌ فَلَيْسَ فَاسِقٌ كُفْءَ عَفِيفَةٍ، وَحِرْفَةٌ فَصَاحِبُ حِرْفَةٍ دَنِيئَةٍ، لَيْسَ كُفْءَ أَرْفَعَ مِنْهُ، فَكَنَّاسٌ وَحَجَّامٌ وَحَارِسٌ وَرَاعٍ وَقَيِّمُ الْحَمَّامِ لَيْسَ كُفْءَ بِنْتِ خَيَّاطٍ، وَلَا خَيَّاطٌ بِنْتَ تَاجِرٍ أَوْ بَزَّازٍ، وَلَا هُمَا بِنْتَ عَالِمٍ وَقَاضٍ، وَالْأَصَحُّ أَنَّ الْيَسَارَ لَا يُعْتَبَرُ، وَأَنَّ بَعْضَ الْخِصَالِ لَا يُقَابَلُ بِبَعْضٍ، وَلَيْسَ لَهُ تَزْوِيجُ ابْنِهِ الصَّغِيرِ أَمَةً، وَكَذَا مَعِيبَةٌ عَلَى الْمَذْهَبِ، وَيَجُوزُ مَنْ لَا تُكَافِئُهُ بِبَاقِي الْخِصَالِ فِي الْأَصَحِّ.

مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج  – (ج 12 / ص 196)

فَصْلٌ فِي الْكَفَاءَةِ الْمُعْتَبَرَةِ فِي النِّكَاحِ دَفْعًا لِلْعَارِ ، وَلَيْسَتْ شَرْطًا فِي صِحَّةِ النِّكَاحِ ، بَلْ هِيَ حَقٌّ لِلْمَرْأَةِ وَالْوَلِيِّ فَلَهُمَا إسْقَاطُهَا ، وَحِينَئِذٍ فَإِذَا ( زَوَّجَهَا الْوَلِيُّ ) الْمُنْفَرِدُ كَأَبٍ أَوْ عَمٍّ ( غَيْرَ كُفْءٍ بِرِضَاهَا أَوْ ) زَوَّجَهَا ( بَعْضُ الْأَوْلِيَاءِ الْمُسْتَوِينَ ) كَإِخْوَةٍ وَأَعْمَامٍ ( بِرِضَاهَا وَرِضَا الْبَاقِينَ ) مِمَّنْ فِي دَرَجَتِهِ غَيْرَ كُفْءٍ ( صَحَّ ) التَّزْوِيجُ ؛ لِأَنَّ الْكَفَاءَةَ حَقُّهَا وَحَقُّ الْأَوْلِيَاءِ كَمَا مَرَّ ، فَإِنْ رَضُوا بِإِسْقَاطِهَا فَلَا اعْتِرَاضَ عَلَيْهِمْ ، وَاحْتَجَّ لَهُ فِي الْأُمِّ بِأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَوَّجَ بَنَاتِهِ مِنْ غَيْرِهِ وَلَا أَحَدَ يُكَافِئُهُ .قَالَ السُّبْكِيُّ : إلَّا أَنْ يُقَالَ : إنَّ ذَلِكَ جَازَ لِلضَّرُورَةِ لِأَجْلِ نَسْلِهِنَّ وَمَا حَصَلَ مِنْ الذُّرِّيَّةِ الطَّاهِرَةِ كَمَا جَازَ لِآدَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَزْوِيجُ بَنَاتِهِ مِنْ بَنِيهِ .

مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج  – (ج 12 / ص 201)

( وَخِصَالُ الْكَفَاءَةِ ) أَيْ الصِّفَاتُ الْمُعْتَبَرَةُ فِيهَا لِيُعْتَبَرَ مِثْلُهَا فِي الزَّوْجِ خَمْسَةٌ : أَوَّلُهَا ( سَلَامَةٌ مِنْ الْعُيُوبِ الْمُثْبِتَةِ لِلْخِيَارِ ) فِي النِّكَاحِ وَسَيَأْتِي فِي بَابِهِ ، فَمَنْ بِهِ بَعْضُهَا كَجُنُونٍ أَوْ جُذَامٍ أَوْ بَرَصٍ لَيْسَ كُفُؤًا لِلسَّلِيمَةِ عَنْهَا ؛ لِأَنَّ النَّفْسَ تَعَافُ صُحْبَةَ مَنْ بِهِ بَعْضُهَا وَيَخْتَلُّ بِهَا مَقْصُودُ النِّكَاحِ ، وَلَوْ كَانَ بِهَا عَيْبٌ أَيْضًا فَلَا كَفَاءَةَ اخْتَلَفَ الْعَيْبَانِ كَرَتْقَاءَ وَمَجْبُوبٍ أَوْ اتَّفَقَا كَأَبْرَصَ وَبَرْصَاءَ وَإِنْ كَانَ مَا بِهَا أَكْثَرُ وَأَفْحَشُ ؛ لِأَنَّ الْإِنْسَانَ يَعَافُ مِنْ غَيْرِهِ مَا لَا يَعَافُهُ مِنْ نَفْسِهِ . تَنْبِيهٌ : اسْتَثْنَى الْبَغَوِيّ وَالْخُوَارِزْمِيّ الْعُنَّةَ لِعَدَمِ تَحَقُّقِهَا فَلَا يُنْظَرُ إلَيْهَا فِي الْكَفَاءَةِ ، وَجَرَى عَلَى ذَلِكَ الْإِسْنَوِيُّ وَابْنُ الْمُقْرِي . قَالَ الشَّيْخَانِ : وَفِي تَعْلِيقِ الشَّيْخِ أَبِي حَامِدٍ وَغَيْرِهِ التَّسْوِيَةُ بَيْنَهَا وَبَيْنَ غَيْرِهَا ، وَإِطْلَاقُ الْجُمْهُورِ يُوَافِقُهُ . ا هـ . وَهَذَا هُوَ الْمُعْتَمَدُ وَوُجِّهَ بِأَنَّ الْأَحْكَامَ تُبْنَى عَلَى الظَّاهِرِ وَلَا تَتَوَقَّفُ عَلَى التَّحَقُّقِ ، وَمَا أَطْلَقَهُ الْمُصَنِّفُ مِنْ اشْتِرَاطِ السَّلَامَةِ مِنْ هَذِهِ الْعُيُوبِ هُوَ عَلَى عُمُومِهِ بِالنِّسْبَةِ إلَى الْمَرْأَةِ . أَمَّا بِالنِّسْبَةِ إلَى الْوَلِيِّ فَيُعْتَبَرُ فِي حَقِّهِ الْجُنُونُ وَالْجُذَامُ وَالْبَرَصُ لَا الْجَبُّ وَالْعُنَّةُ ، وَأَلْحَقَ الرُّويَانِيُّ بِالْعُيُوبِ الْخَمْسَةِ الْعُيُوبَ الْمُنْفَرِدَةَ كَالْعَمَى وَالْقَطْعِ وَتَشَوُّهُ الصُّورَةِ ، وَقَالَ : هِيَ تَمْنَعُ الْكَفَاءَةَ عِنْدِي ، وَبِهِ قَالَ بَعْضُ الْأَصْحَابِ ، وَاخْتَارَهُ الصَّيْمَرِيُّ ، وَهَذَا خِلَافُ الْمَذْهَبِ . قَالَ الزَّرْكَشِيُّ : وَالتَّنَقِّي مِنْ الْعُيُوبِ إنَّمَا يُعْتَبَرُ فِي الزَّوْجَيْنِ خَاصَّةً دُونَ آبَائِهِمَا

إعانة الطالبين – (ج 3 / ص 367)

(قوله: فإن زوجها بغير كف ء) هذا لا يترتب على رعاية الاحظ والاحتياط لان التزويج على كف ء شرط للصحة لا للكمال حتى أنه يقال إذا لم يزوج على كف ء لم يراع الاحظ والاكمل. نعم: إن أريد بالاحتياط مطلق أمر مطلوب، سواء كان شرط صحة أو كمال، صح ترتبه عليه

مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج  – (ج 12 / ص 198)

( وَلَوْ طَلَبَتْ مَنْ لَا وَلِيَّ لَهَا ) خَاصًّا ( أَنْ يُزَوِّجَهَا السُّلْطَانُ ) أَوْ نَائِبُهُ ( بِغَيْرِ كُفْءٍ فَفَعَلَ لَمْ يَصِحَّ ) تَزْوِيجُهُ بِهِ ( فِي الْأَصَحِّ ) لِأَنَّهُ نَائِبُ الْمُسْلِمِينَ وَلَهُمْ حَظٌّ فِي الْكَفَاءَةِ ، وَالثَّانِي : يَصِحُّ كَالْوَلِيِّ الْخَاصِّ ، وَصَحَّحَهُ الْبُلْقِينِيُّ وَقَالَ : إنَّ مَا صَحَّحَهُ الْمُصَنِّفُ لَيْسَ بِمُعْتَمَدٍ ، وَلَيْسَ لِلشَّافِعِيِّ نَصٌّ شَاهِدٌ لَهُ وَلَا وَجْهٌ لَهُ ، فَإِنْ قِيلَ : يَدُلُّ لِذَلِكَ خَبَرُ فَاطِمَةَ بِنْتِ قَيْسٍ السَّابِقُ .أُجِيبَ بِأَنَّهُ لَيْسَ فِيهِ أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَوَّجَهَا أُسَامَةَ بَلْ أَشَارَ عَلَيْهَا بِهِ وَلَا يَدْرِي مَنْ زَوَّجَهَا فَيَجُوزُ أَنْ يَكُونَ زَوَّجَهَا وَلِيٌّ خَاصٌّ بِرِضَاهَا ، وَلَوْ كَانَ لَهَا وَلِيٌّ وَلَكِنْ زَوَّجَهَا السُّلْطَانُ لِغَيْبَتِهِ أَوْ

عمدة المفتي والمستفتي / 3 / 119

مسألة : الكفاءة حق للولي والمرأة ، فاذا طلبت بغير كفوء وزعمت انها تخاف الزنا لو لم تتزوج لم يلزم اجابتها، كا يصرح به قولهم ان الكفاءة حق للولي ، نعم لو لم تجد كفوءا وخافت الزنا فصرح في التحفة بأنه يلزم القاضي اجابتها قولا واحدا ، ولم يذكر الولي الخاص لأن العار يلحقه بخلاف القاضي ذكره شيخنا.

بغية المسترشدين / 209-210

(مسألة: ش) : ليس للهاشمي الغير المنتسب إليه كذرية عليّ كرم الله وجهه من غير فاطمة رضي الله عنها كفؤاً لذرية السبطين الحسنين ابني فاطمة الزهراء رضي الله عن الجميع، وذلك لاختصاصهم بكونهم ذريته عليه الصلاة والسلام ومنتمين أي منتسبين إليه في الكفاءة وغيرها، ويحمل قولهم: إن بني هاشم وبني المطلب أكفاء على غير أولاد السبطين، وقوله : «نحن وبنو المطلب شيء واحد»، على الموالاة والفيء وتحريم الزكاة وغيرها. ولا دليل في تزويج عليّ أم كلثوم بنت فاطمة من عمر رضي الله عن الجميع فلعلهما كانا يريان صحة ذلك اهـ. ونحوه في (ي) وزاد: إذ الكفاءة في النسب على أربع درجات: العرب وقريش وبنو هاشم والمطلب، وأولاد فاطمة الزهراء بنو الحسنين الشريفين رضوان الله عليهم، فلا تكافؤ بين درجة وما بعدها، وحينئذ إن زوجها الولي برضاها ورضا من في درجته صح، أو الحاكم فلا وإن رضيت.

(مسألة: ي): عمل ساداتنا آل أبي علوي نفع الله بهم أنهم لا يراعون بعد صحة النسب إلى سيد المرسلين صلوات الله وسلامه عليه وعليهم أجمعين شيئاً مما ذكره الفقهاء من القرب والبعد والصلاح والعلم والحرفة ونحوها طلباً لما هو أهمّ من ذلك، وهو تحصين الشريفة بشريف مثلها، ولا يتأتى ذلك إلا بالإعراض عن تلك التفاصيل، فالمعترض عليهم متعنت يخشى عليه الطرد والمقت لأنهم أئمة أجلة، ما خالفوا ذلك التفصيل إلا لعلة، وعلى ذلك عمل حكام جهتنا سابقاً ولاحقاً.

بغية المسترشدين / 210

(مسألة): شريفة علوية خطبها غير شريف فلا أرى جواز النكاح وإن رضيت ورضي وليها، لأن هذا النسب الشريف الصحيح لا يسامى ولا يرام، ولكل من بني الزهراء فيه حق قريبهم وبعيدهم، وأتى بجمعهم ورضاهم، وقد وقع أنه تزوّج بمكة المشرفة عربي بشريفة، فقام عليه جميع السادة هناك وساعدهم العلماء على ذلك وهتكوه حتى إنهم أرادوا الفتك به حتى فارقها، ووقع مثل ذلك في بلد أخرى، وقام الأشراف وصنفوا في عدم جواز ذلك حتى نزعوها منه غيرة على هذا النسب أن يستخفّ به ويمتهن، وإن قال الفقهاء إنه يصح برضاها ورضا وليها فلسلفنا رضوان الله عليهم اختيارات يعجز الفقيه عن إدراك أسرارها، فسلَّم تسلم وتغنم، ولا تعترض فتخسر وتندم. وفي ي المتقدم ما يومىء إلى ما أشرنا إليه من اتباع السلف، إذ هم الأسوة لنا والقدوة، وفيهم الفقهاء بل المجتهدون والأولياء بل الأقطاب، ولم يبلغنا فيما بلغنا أنه قد تجرّأ غيرهم ممن هو دونهم في النسب أو لم تتحقق نسبته على التزوّج بأحد من بناتهم قط، اللهم إلا إن تحققت المفسدة بعدم التزويج فيباح ذلك للضرورة، كأكل الميتة للمضطر، وأعني بالمفسدة خوف الزنا، أو اقتحام الفجرة أو التهمة ولم يوجد هناك من يحصنها، أو لم يرغب من أبناء جنسها ارتكاباً لأهون الشرين وأخف المفسدتين، بل قد يجب ذلك من نحو الحاكم بغير الكفء كما في التحفة.

عمدة المفتي والمستفتي / 3 / 126-127

مسئلة : للمرء ولي حاضر او غائب، فأرادت التزوج بغير كفوء خوفا من الزنا او هجوم فجرة عليها، ولم يرض الولي بتزويجها بغير كفوء ورضيت هي ورفعت امرها الى الحاكم لم يجز له تزويجها بغير الكفوء مع عدم رضا الولي لأن العار لاحق به، والخلاف الذي ذكره اصحابنا في تزويج الحاكم لها بغير كفوء محله اذا لم يكن ولي اصلا، مع ان الأصح في المذهب عدم صحة تزويج الحاكم لها ايضا في هذه الصورة اي عدم الولي اصلا ، لا يقال : الضرورة تبيح المحذور، لأنه لا ضرورة هنا يتعذر اندفاعها لإمكان اندفاعها بتزوجها بالكفوء فان الضرورة تندفع به، وظن عدم اندفاعها به لا عبرة به، عبى ان الضرر الذي قد يلحقها لا يزال بضرر العار اللاحق للولي. قال الأشخر في فتاويه : تحكيم المرأة رجلا يزوجها مع وجود وليها فيما دون مسافة القصر ولا مانع به من موانع الولاية ولم يكن عاضلا به باطل عند امامنا الشافعي ، نعم اذا فرض احتياج المرأة لنحو النفقة وخافت من الولي اذا طلبت منه التزويج بغير الكفوء ترتب مفسدة فلها والحالة هذه ان تقلد ابا حنيفة في تزويجها نفسها ، ويحل حينئذ لزوجها الحنفي وطؤها ، ومع ذلك لو رفع الى قاض شافعي لم يحكم بصحته الا ان تأهل للنظر ورأى ذلك ايضا، انتهى كلام الأشخر. قال شيخنا المؤلف : فيقال كذلك في مسألتنا تقلد المرأة ابا حنيفة وتتزوج بغير كفوء ، وترفع الحال الى حاكم حنفي فيقضي بصحته وينفذ حكمه وتحل حتى لشافعي ، لأن حكم الحاكم يرفع الخلاف.

عمدة المفتي والمستفتي / 3 / 119

مسألة : ذهب الإمام مالك الى ان اعتبار الكفاءة مختص بالدين وانه لا مدخل للنسب فيها ، وروي هذا عن ابن مسعود وعمر وزيد بن علي وعمر بن عبد العزيز، وهو مذهب البخاري وقول للشافعي، قال الزركشي: وهذا القول قوي الدليل وقد نصره الأصطخري واحتج له بحديث ” اذا جاءكم من ترضون دينه وخلقه فزوجوه إِلَّا تَفْعَلُوا تَكُنْ فِتْنَةٌ فِي الْأَرْضِ وَفَسَادٌ كبير ” وتزويجه r لبناته كاف في الحجة للقائل بعدم اعتبار الكفاءة في النسب. قال شيخنا : واذا لم يرض اولياؤها بتزويجها قللحاكم تزويجها تقليدا للإمام مالك هكذا قال ، وفيه ان الحاكم لا يجوز له الحكم بخلاف الراجح في مذهبه، ومذهب الشافعي انه لا حق للقاضي في تزويج من لها ولي خاص الا اذا عضل وان الكفاءة حق للأولياء.


25 Komentar

  1. Bint Barakwan mengatakan:

    Assalaamu’alaikaum Warahmatullah Wabarakatuh…
    Syukran atas penjelasan nya.. Sangat bermanfaat buat ana.. Jazakumullah khair…
    Maaf habib ana mau tanya lagi, kalau sudah terjadi pernikahan antara syareefah dg non syareef apa syareefah td masi dzurriyatul Rasul Shallahu ‘alaihi wa sallam atau telah terputus?

  2. forsan salaf mengatakan:

    @ bint barakwan, wa’alaikum salam Wr. wb.
    Hubungan darah yang menetapkan dirinya sebagai keturunan Rasul (Dzurriyah Rasul) tidak akan terputus sebab menikah dengan non-syaref. Namun jika memiliki anak dari pernikahannya dengan non-syaref, maka nasab anak terputus dari keturunan Rasul, karena nasab diturunkan melalui jalan ayah, bukan ibu.

  3. aldj mengatakan:

    @forsan
    masalah ini skrg sangat mejd perhatian,sdh banyak terjd perkawinan antara seorang syarifah dgn non syarif.
    sy harap diskusi ini bisa diminati oleh kaum syarifah,sehingga pembhasannya bisa lebih mendlm,
    menurut sy ada beberapa dalil quran yg bisa diajukan sbg dalil dr tdk dibenarkannya seorang syarifah dinikahi oleh yg non syarif,wlw pun dalil ini msh dlm bentuk tersirat
    sementara 2 dahulu.
    1.dalil mawaddatan fil qurba,
    bisakah seorang non syarif yg sehari2nya berhadapan dgn seorang syarifah tdk melanggar ayat ini,apabila skali sj dia mengkasari,menyakiti,n tdk berlaku lemah lembut trhdp seorang syarifah,maka sekali jg dia menentang perintah allah n rosulnya
    2.dalil,surah al kautsar.
    seorang non syarif telah membuat seorang syarifah menjadi abtar nasabnya dgn rosul,pdhal dia memiliki hak utk tdk terputus.
    beranikah seorang non syarif memutuskan pertalian nasab ini?

    Andai sj sy seorang syarif,tdk akan sy ridhoi anak sy syarifah menikah dgn non syarif,krn artinya sy telah melanggar ketentuan allah n rosulnya
    Andai sj sy seorang non syarif,maka sy tdk berani mengambil istri dr seorang syarifah,krn sy akan memtuskan pertalian nasab seorang anak manusia dgn datuknya.dan sy tdk memiliki kesanggupan utk sll berlaku lemah lembut trhdp seorang syarifah

  4. Zen mengatakan:

    Ad gadis pend D3 anak PNS d pinang oleh jejaka pend S1 jg anak PNS . Awal wali stuju, kmdian brubh pikirn krn jejaka tsb krj swasta bkn PNS. Krn gadis trlanjur cinta mk nikah dg wali hakim mlalui Pngadilan Agama.
    1.Apkh sah prnikahan tsb?
    2.Org tua gadis mnuntutx utk bkerja sbg PNS sdg suami mlarangx. Bgmn yg dmikian mngingat biaya kuliah gadisx besar?
    Ats jwbn ust kami ucapkn Jazakumulloh kher.

  5. forsan salaf mengatakan:

    @ zen, salah satu penyebab pindahnya kewalian dari wali khusus (ayah atau kakek) kepada hakim yaitu ‘adhl. Seorang wali dinyatakan ‘adhl ketika mendapat teguran dari hakim untuk menikahkan putrinya dengan laki-laki yang sekufu’ namun tetap menolak. Dalam hal ini, hakim dapat memutuskannya sebagai wali yang ‘adhl sehingga kewalian berpindah kepada hakim. Oleh karena itu, jika wali sudah ditetapkan ‘adhl, maka pernikahan dengan wali hakim sah. Namun jika tidak ditetapkan, maka tidak sah dan wajib untuk dipisahkan keduanya hingga melakukan akad kembali secara sah.
    Adapun permintaan orang tua istri agar anaknya menjadi PNS, maka kewajiban istri adalah mengutamakan perintah suami. Sedangkan masalah biaya sekolah istri yang mahal hingga membebani orang tuanya, jika sebelumnya ada perjanjian akan meminta ganti kepada anak (istri) ketika sudah berhasil (seperti menjadi PNS), maka wajib bagi anak untuk menggantinya. Namun jika tidak ada perjanjian, maka tidak wajib menggantinya.
    Saran kami : bagi suami untuk selalu memperbaiki hubungan dengan mertua (orang tua istri) dan ikut berupaya membantu meringankan bebannya walaupun tidak ada kewajiban sekalipun, sebagai bentuk bakti kepada mereka, karena mertua termasuk kategori orang tua untuk kita hormati.

  6. hasan mengatakan:

    Assalamu’alaikum War Wb.
    Bib…. minta izinnya copy paste, artikel ini dan yang lainnya…..

  7. forsan salaf mengatakan:

    @ hasan, wa’alaikum salam Wr. Wb.
    kami persilahkan anda untuk copy paste apa yang manfaat untuk anda dan menyampaikannya kepada keluarga atau teman terdekat anda. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat di dunia dan akhirat kita semua, Amin.

  8. muhammad husen mengatakan:

    Bagaimana hukum nikahnya sah apa tidak seorang wali hakim yang menikahkan seorang perempuan hasil zina tetapi didalam sighot nikahnya dia menyebut nama perempuan itu dengan menisbahkan ayahnya [PULAN BINTI PULAN}?

  9. forsan salaf mengatakan:

    @ Muhamad husen, Dalam pernikahan, nama berfungsi untuk menentukan calon suami dan calon istri, sehingga jika telah ditentukan sebelumnya (diketahui oleh calon suami dan semua saksi) walaupun salah dalam pengucapan nama, maka pernikahannya tetap sah.
    Adapun permasalahan menisbahkan keturunan kepada orang yang bukan ayahnya dengan sengaja hukumnya haram.

  10. muhammad husen mengatakan:

    Bolehkah seorang wali hakim menikahkan seorang perempuan yang lari dari negerinya sejauh lebih dari mengqosor sholat tanpa izin dari walinya karena ditakutkan zina?

  11. forsan salaf mengatakan:

    @ muhammad husen, Seorang perempuan boleh menikah dengan wali ‘aam (hakim) apabila dalam jarak diperbolehkan untuk qoshor shalat (82,5 KM) walaupun tanpa seizin dari wali Khos (ayah, kakek dan lainnya) dengan cara tauliyah atau tahkim. Untuk jawaban lebih langkapnya, silahkan anda baca artikel kami yang berjudul “NIKAH TANPA SAKSI”, atau langsung klik disini.

  12. irfan mengatakan:

    tolong carikan ibarot dari syafi’iyah yang tidak membolehkan memaksa perawan baligh untuk nikah dengan orang yang tidak di sukai, sangat mendesak makasih…kirim aja ke email saya,jazakumullah

  13. husin mengatakan:

    ustd, ana mau tanya 1. Bagaimanakah hukumnya seorang syarifah menikah bukan dgn sayyid yg walinya tdk setuju, kemudian si wali pr itu dipanggil oleh wali hakim/ k.u.a untuk bersedia menikahkan anaknya, tapi si wali pr itu tetap tdk mau, akhirnya wali hakim menikahkan syarifah tsb, yang sy tanyakan bgmn hukum si wali hakim itu dan bgm hukum pernikahannya? 2. Bagaimana cara wali hakim menikahkan anak zina, apakah melalui taukil atau penyerahan dari ayah si anak zina itu atau tanpa perlu taukil ?

  14. Ahmad mengatakan:

    Asww, sedikit tanggapan tentang artikel diatas, yang cukup menarik, yaitu ada pula pendapat dalam Madzhab Imam Ahmad bin Hanbal yang menghukumi pernikahan yang tidak sekufu adalah fasad / batal nikahnya, sehingga hal ini juga menjadi pertimbangan bagi Ulama ‘Alawiyyin untuk mencegah pernikahan tersebut. Mungkin redaksi forsan salaf bisa membantu mencarikan literaturnya. Pengadilan Syariah di Mesir juga pernah pada awal th 1900an membatalkan pernikahan yang tidak sekufu. Terima kasih atas pencerahannya, dipersilahkan bagi yang ingin menanggapi, mengkoreksi, atau menambahkan. Afwan, Wassalam.

  15. forsan salaf mengatakan:

    @ husin,
    1. Kafaah menjadi hak wali dan si perempuan. Jika wali tidak menyetujui untuk menikah dengan orang yang tidak sekufu’ seperti seorang syarifah dengan bukan sayyid, maka pernikahannya tidak sah walaupun dengan wali hakim dan atas persetujuan si perempuan. Hakim tidak bisa memaksa si wali untuk menikahkannya karena yang demikian bukanlah ‘ADHL yang bisa memindahkan hak wali dari wali khos menuju wali ‘aam (hakim).
    2. Nasab anak zina hanya kepada si ibu. Bagi anak yang tidak memiliki nasab, maka walinya adalah hakim. Dalam hal ini hakim bisa langsung menikahkan anak zina dengan laki-laki pilihan si perempuan setelah mendapatkan persetujuan dari perempuan (anak zina) tanpa perlu taukil dari pihak ayah anak zina karena ayah tidak memiliki hak wilayah sama sekali.

  16. husin mengatakan:

    ustd, bgmn kalau syarifah dan non sayyid itu lari ke jarak sejauh masafatul qoshor krn tdk disetujui oleh walinya, maka apakah wali hakim blh menikahkan apa tdk? Sukron ala ajwabikum.

  17. forsan salaf mengatakan:

    @ husin, Hakim adalah wakil dari orang-orang muslimin, sedangkan kafaah adalah hak dari seorang wali dan hak orang muslimin. Oleh karena itu, walaupun perwalian berpindah dari wali khos kepada hakim karena semisal wali khos di luar daerah sejauh lebih dari masafatul qashr (82,5 KM), maka tetap tidak diperbolehkan bagi hakim menikahkan perempuan dan tidak sah pernikahannya dengan orang yang tidak sekufu’ walaupun atas seizin dari si perempuan.

  18. husin mengatakan:

    ustd, bgmn hukum nikahnya sah apa tdk, bila wali hakim menikahkan anak zina dgn melakukan taukil wal terlebih dahulu terhadap ayah dari anak zina itu ?

  19. forsan salaf mengatakan:

    @ husin, Ketika perwalian telah menjadi hak hakim, maka taukilnya sia-sia belaka sehingga tidak mempengaruhi pada kesahan akad nikahnya.

  20. farhat alsagaff mengatakan:

    pada apa yang saya tahu..syed dan sharifah adalah dari kalangan ahlul bait iaitu dari keturunan rasullulah melalui hasan dan husin. perkahwinan bagi seorang syed adalah tidak hanya kepada sharifah malah bukan syarifah juga adalah sah kerana kekerabatan rasullullah tetap bersambung..tp bagi sharifah pula adalah dilarang kerana ini menyebabkan terputusnya nasab baginda. namun ada yang menganggap ini cumalah adad edan bersifat assabiyah.. bagi saya ini bukan bersifat assabiyah tetapi ini adalah langkah untuk kita menjaga nasab rasullullah agar tidak terputus.. sesungguhnya ahlul bait adalah mulia dan harus dijaga namun bukan bemakna mereka ini maksum mereka yang mengingkari Allah tetap menerima dosa namun apabila ahlul bait itu seorang yang beriman dan soleh darjatnya lebih baik dari yang lain2 kerana salah silah mereka yang terus pada rasullullah.. oleh kerana itu rasullullah memgingatkan kita supaya menjaga dan menyayangi keturunan baginda.. itu merupakan kewajiban seluruh umat islam kerana dengan menyakiti ahlulbait secara langsung seseorang itu menyakiti nabi. dengan kahwinnya seorang yang bukan syed pada seorang sharifah, maka secara tidak langsung ia memutuskan nasab baginda.. perkara ini sama dengan pegharaman untuk mengahwini isteri baginda setelah baginda wafat kerana perkara ini merosakan nasab baginda. diharap kepada sharifah dan non syed di mana2 supaya mementingkan kehendak Allah dan rasullullah melebihi cinta pada manusia.. sebagai islam kita wajib menjaga nasab rasullullah.. ini adalah kefahaman saya melalui pembacaan saya pada sebuah buku bertajuk Kafaah. jika terdapat salah silap sy diharap anda dapat memperbetulkan

  21. Hamba Allah mengatakan:

    Sebelumnya ana berterima kasih sekali kpd pemberi jawaban yg cukup kompeten dlm fiqih syafi’i, mudah2an allah senantiasa memberkahi ilmunya dan menjadikannya lampu yg menerangi umat, amin..disini saya mau ikut memberikan pandangan saya dalam hal ini dan tentunya pandangan ini bkn dari hasil kreasi pemikiran sendiri namun berdasarkan pendapat ulama yg bisa kita jadikan tendensi kita, masalah kafaah dalam nasab memang bkn masalah yg disepakati atau ijma’ dalam dunia fikih oleh karnanya dr.yusuf qardawi beristrikan seorang syarifah dan dalam kitab subulussalam imam assan’aani yg notabeninya adalah seorang sayyid, mengingkari orang2 yg membiarkan anak2 perempuannya menjadi perawan tua gara2 bersikeras dlm hal kafa’ah, islam adalah agama yg memberikan solusi bagi setiap problematika umat, jika seorang syarifah menemukan jodoh yg berakhlak dan agamanya bagus maka sebaiknya seorang wali menyetujuinya, dari pada dia menikah dg seorang sayid yg mungkin kurang bisa menjadi suami panutan, tapi jikalau dia seorang sayid dan berakhlak mulia dan mengerti agama tentunya dia lbh afdal, memang tak mengapa seorang mempertahankan rantai keturunan tapi dalam koridor yg wajar dan jangan terkesan berlebihan apa lagi sampe mengharamkan, ana ingat sbuah kejadian naas di sbuah daerah dimana seorang syarifah jatuh cinta kpd seorang laki2 non sayid akhirnya karna si syarifah yakin bahwa walinya takkan mungkin meridoi hubungannya akhirnya dia memutuskan untuk berhubungan badan diluar nikah sehingga dg demikian walinya akan menikahkannya mau atau tidak mau, ana menganggap ini adalah salah satu dampak negatif kita karna terlalu keras dalam hal yg memang disitu ada jalan mudah dalam agama, terakhir kali ana mau bilang ana bukan pembenci kaum sayid dan jangan sampe hal itu terjadi, karna mereka adalah keluarga nabi kita, tp pada saat yg sama kita harus bisa menyikapi problematika kehidupan yg kita hadapi sbg masyarakat indonesia yg berbudaya beda dg orang2 dihadramaut, kalo di yaman hampir tdk ada pacaran dan wali bisa dg seenaknya menikahkan anaknya dg siapa pun maka hukum kafaah bisa kita terapkan dg mudah, tp kalo diindonesia suasana dan budayanya berbeda, kalo kita terlalu keras dalam hal ini mungkin akan terjadi hal2 yg tak diinginkan, adapun masalah memutus nasab rasulullah dg menikahi non sayid maka hal itu blm bisa kita pastikan karna sayidina umar menikahi putri imam ali yg bernama ummu kultsum putri sayidatuna fatimah sdangkan sayidina umar bukan dari bani hasyim, kalo dg menikahi syarifah akan memutus nasab rasul maka umar barang tentu takkan menikahinya,, harapan saya mudah2an goresan pena ini membawa manfaat. amin

  22. elfasi mengatakan:

    @ hamba Allah, mas, anda rupanya ingin melegalkan orang untuk melakukan pacaran khususnya pada syarifah…para syarifah yang seperti itu karena mereka tidak bisa menempatkan diri sebagaimana layaknya seorang keturunan sydt Fatimah yang serba tertutup dari pergaulan dgn bukan mahrom, iffah , selalu menjaga diri dari yang tidak pantas, seharusnya kita beri pengertian kepada mereka agar tau pada kodratnya dan menjaga diri, tapi anda malah memberikan jalan bagi mereka untuk berbuat yang tidak sepantasnya…
    Ini bentuk perbaikan akhlaq ataukah justru perusakan moral para syarifah ???

  23. Rania mengatakan:

    Saya Nia, saya terlahir dari seorang syarifah, namun aba saya bkanlah s’orang syarif. Namun dalam keluarga saya pendidikan dalam agama sangat keras dan ditegakkan. Dalam benak saya, saya ingin sekali kelak jika mendapatkan jodoh,ialah seorang syarin, namun wallahu’allam..! Yang mau saya tanyakan, mengapa kebnyakan s’org syarifah, atau syarif sring menghina saya…? Saya hanyalah anak, anak dilahirkan dengan fitrahnya, ia tdk pernah meminta dilahirkan dari rahim fulan dan dari benih fulan… Apakah saya tidak berhak menikah dengan syarif? Mohon bimbinganya..? Syukron

  24. forsan salaf mengatakan:

    @ Rania, Keinginan anda untuk mendapatkan suami seorang sayyid tidak salah, dan itu menjadi hak setiap orang baik itu adalah seorang syariafh ataukah bukan. Sedangkan permasalah sebagian syarifah yang menghina anda itu bersifat individu saja yang mencerminkan hati dari orangnya, dan itu sangat tidak dibenarkan dalam islam apalagi sebagai seorang syarifah yang seharusnya mencontoh akhlaq dari Sydt Fatimah yang sangat mulia dan bukan malah keluar kata-kata kotor menghina dan mengejek orang lain.

  25. Rania mengatakan:

    Dalam islam, seorang laki-laki boleh menikahi lebih dari 1 wanita asalkan dya mampu untuk berbuat adil, serta dengan tujuan menolong. Ada seorang fulan,dya adalah syarif dya s’org ahli ibadah, dya berilmu, dan bertanggung jawab, dya sudah menikah dengan syarifa shaleha. Suatu hari dia mengutarakan keinginanya untuk hendak melamar saya, dya merasa iba kepada saya dan dya ingin mengembalikan nasab saya. Saya sangat bahagia dengan itu,bukan karena cinta dunia yg saya cari tapi cinta akheratlah yg saya dambakan. Yang membuat saya bingung, orang tua saya tidak setuju, jikalau saya dimadu. Padahal sudah saya jelaskan tentang hukum-hukum yg saya ketahui. Bagaimana saya bisa menjelaskan kepada kedua orang tua saya…? Jikalau saya tetap melangkah, brarti pernikahan itu tidak sah..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: