Forsan Salaf

Beranda » Majelis Ifta' » Perubahan Siang Dan Malam

Perubahan Siang Dan Malam

sunsetAssalamu’alaikum Wr. Wb.
Disini saya mau menanyakan, yang dikatakan malam jumat dan hari jumat itu mulai kapan dan berakhir diwaktu kapan. ada yang mengatakan dari kamis sore hingga fajar sabtu, mohon penjelasannya.

From : aulia purnama lubis lubisauliapurnama@yahoo.co.id

FORSAN SALAF menjawab :

Penghitungan hari dimulai dari terbitnya fajar shodiq hingga terbenamnya matahari. Adapun malam terhitung mulai terbenamnya matahari hingga terbitnya fajar shodiq. Oleh karena itu, malam jum’ah terhitung dari terbenamnya matahari hari kamis hingga terbitnya fajar shodiq, dan hari jum’ah dimulai dengan terbitnya fajar shodiq hingga terbenamnya matahari hari jum’ah.

شرح الياقوت النفيس (ص 124 /ط دار المنهاج)

واليوم الفلكي يبدأ من الشروق وينتهي بالغروب ,وأما اليوم الشرعي …فيبدأ من طلوع الفجر إلى الغروب ,وإذا بقي ربع من النهار …يدخل وقت العصر .ويستمر الى غروب الشمس .و عند الإمام أحمد ينتهي وقت العصر بإصفرار الشمس

حاشية البجيرمي على الخطيب – (ج 4 / ص 479)

( فَإِنَّ النَّهَارَ الْمُعْتَدِلَ ) فِيهِ نَظَرٌ لِأَنَّ اعْتِدَالَ النَّهَارِ فِي يَوْمَيْنِ فِي السَّنَةِ فَقَطْ ، وَأَيْضًا قَوْلُهُ : وَسَهَرُ الْإِنْسَانِ إلَخْ فِيهِ نَظَرٌ لِأَنَّ ذَلِكَ لِبَعْضِ نَاسٍ قَلِيلِينَ وَأَيْضًا كَلَامُهُ يَقْتَضِي أَنَّ مَا بَعْدَ الْفَجْرِ إلَى طُلُوعِ الشَّمْسِ مِنْ النَّهَارِ مَعَ أَنَّهُ مِنْ اللَّيْلِ عِنْدَ عُلَمَاءِ الْفَلَكِ لِأَنَّ اللَّيْلَ عِنْدَهُمْ مِنْ غُرُوبِ الشَّمْسِ إلَى طُلُوعِهَا ، فَهَذِهِ الْحِكْمَةُ غَيْرُ مُطَّرِدَةٍ . وَعِبَارَةُ ق ل قَوْلُهُ : فَإِنَّ النَّهَارَ الْمُعْتَدِلَ الصَّوَابُ إسْقَاطُهُ ا هـ . وَوَجْهُهُ أَنَّ ذِكْرَ الْمُعْتَدِلِ يُفِيدُ اخْتِصَاصَ الْحِكْمَةِ بِالنَّهَارِ الْمُعْتَدِلِ مَعَ أَنَّ الْمَقْصُودَ إطْرَادُهَا فِي سَائِرِ الْأَيَّامِ ، فَلَوْ حَذَفَ الْمُعْتَدِلَ لَتَعَيَّنَ أَنَّ الْمُرَادَ بِهَا السَّاعَاتُ الزَّمَانِيَّةُ الَّتِي هِيَ جُزْءٌ مِنْ اثْنَيْ عَشَرَ جُزْءًا مِنْ اللَّيْلِ أَوْ النَّهَارِ . وَأُجِيبَ بِأَنَّ الْحِكْمَةَ لَا يَلْزَمُ اطِّرَادُهَا ا هـ .

حاشية البجيرمي على الخطيب – (ج 10 / ص 375)

قَوْلُهُ : ( اللَّيْلُ ) وَهُوَ مِنْ غُرُوبِ الشَّمْسِ إلَى طُلُوعِ الْفَجْرِ عِنْدَ بَعْضِهِمْ أَوْ إلَى طُلُوعِ الشَّمْسِ عِنْدَ بَعْضِهِمْ ، لَكِنْ . قَالَ الزَّرْكَشِيّ وَالْأَذْرَعِيُّ : الْوَجْهُ الرُّجُوعُ فِيهِ إلَى الْعُرْفِ فِي أَوَّلِ اللَّيْلِ وَآخِرِهِ قِ ل . قَوْلُهُ : ( أَوْ بَعْدَهُ ) وَهُوَ أَوْلَى ، وَعَلَيْهِ التَّوَارِيخُ الشَّرْعِيَّةُ فَإِنَّ أَوَّلَ الشَّهْرِ اللَّيَالِي زي .


8 Komentar

  1. zen mengatakan:

    kalau tanggal itu mulai hari atau malamnya ust…?

  2. forsan salaf mengatakan:

    @ zen, tanggal hijriyah terhitung dari masuknya malam, yaitu dari terbenamnya matahari, karena Hijriyah berdasarkan pada hilal yang nampak ketika matahari mulai terbenam.

  3. Haryanto mengatakan:

    Assalamu’alaikum wr.wb.

    Pak Admin, Tolong penjelasan-penjelasannya di translit ke bahasa Indonesia dong , Supaya orang awam seperti saya ini dapat mengerti.

    Semoga Ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat buat saya dan para pengemar Website ini ( http://www.forsansalaf.com ).

    Mohon Maaf sebelumnya ya …..

    Salam
    Haryanto

  4. forsan salaf mengatakan:

    @ haryanto, wa’alaikum salam Wr. Wb.
    Jawaban kami adalah rangkuman dari kandungan kitab2 referensi yang kami tampilkan di atas, sehingga tidak perlu kami terjemahkan lagi dengan terbatasnya ruang postingan kami ini.
    semoga bisa memberikan manfaat buat anda semua, Amin..

  5. Alfaqir mengatakan:

    Assalamu’alaikum Warahmatullah wa Barakatuh
    maaf ana mau tanya, kalau membaca surat al-Kahf pas malem jum’atnya tidak di hari jum’atnya bagaimana? apa mengurangi fadhilahnya? Mohon penjelasannya.. Jazakumullah khair

  6. forsan salaf mengatakan:

    @ alfaqir, kesunahan membaca surat al-Kahfi itu pada malam Jum’ah dan hari Jum’ahnya, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibn Abbas :
    عن ابن عباس وأبي هريرة رضي الله عنهما ” أن من قرأ سورة الكهف ليلة الجمعة أو يوم الجمعة أعطي نوراً من حيث يقرؤها إلى مكة وغفر له إلى يوم الجمعة الأخرى
    “barang siapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’ah atau siang hari Jum’ah,maka dia akan diberi cahaya dari tempat dia membacanya hingga makkah dan di ampuni dosanya hingga Jum’ah berikutnya ”
    Sehingga boleh bagi anda untuk membaca di malam atau siang harinya, serta lebih utama untuk memperbanyak membacanya diwaktu itu (minimal tiga kali).

  7. haidar mengatakan:

    ust.kalau penghitungan suci dr haid itu sebetulnya memakai tanggalan hijriyah atau masehi??apa boleh kedua~duanya??syukron katsir y ustd.

  8. forsan salaf mengatakan:

    @ haidar, hukum-hukum syari’at ketika berkaitan dengan masalah waktu, maka mendasarkan pada penanggalan hijriyah, karena hanya hijriyahlah yang dikenal dalam islam.
    Adapun masalah suci dari haid, sebenarnya berbeda-beda antara perempuan yang satu dengan yang lain karena berdasarkan pada DAUR (waktu kebiasaan yang dibutuhkan untuk haid dan suci) yang berbeda-beda pada setiap orang, namun kebiasaan wanita satu daur-nya adalah 30 hari (yaitu 6/7 hari haid dan sisanya suci).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: