Forsan Salaf

Beranda » Majelis Ifta' » Ber-SMSan Dengan Ajnabiyah

Ber-SMSan Dengan Ajnabiyah

blackberryCn yang di rahmati ALLOH SWT.
Ustad ana mau tanya…Gimana hukumnya sms-an sama anak perempuan…?
Sukron. Yono jabung malang.

FORSAN SALAF menjawab :

Tulisan adalah sama dengan ucapan, sebagaimana dikatakan “ Alqolam ahadullisanain “ (tulisan adalah salah satu media penyampai). Oleh karena itu, segala yang dilarang diucapkan juga dilarang ditulis. BerSMS-an dengan perempuan ajnabiyah hukumnya sama dengan berbicara dengannya, jika berSMS dengan sesuatu yang dilarang syariat, maka haram hukumnya. Sedangkan jika berguna dan tidak ada fitnah seperti bertanya suatu masalah, maka diperbolehkan.

Referensi : Is’adurrofiq juz 2 hal 105

Ihya’ ulumiddin juz 2 hal 339

اسعاد الرفيق / 2 / 105

ومنها كتابة ما يحرم النطق به . قال في البداية لأن القلم احد اللسانين فاحفظه عما يجب حفظ اللسان منه : اي من غيبة وغيرها فلا يكتب ما يحرم به النطق به من جميع ما مر بلا جرم : اي شك بلا ضرره اعظم وادوم، فليصن الإنسان قلمه عن كتابه الحيل والمخادعات  ومنكرات حادثات المعاملات.

إحياء علوم الدين – (ج 2 / ص 339)

اعلم أن الذكر باللسان إنما حرم لأن فيه تفهيم الغير نقصان أخيك وتعريفه بما يكرهه، فالتعريض به كالتصريح والفعل فيه كالقول، والإشارة والإيماء والغمز والهمز والكتابة والحركة وكل ما يفهم المقصود فهو داخل في الغيبة وهو حرام. فمن ذلك قول عائشة رضي الله عنها: دخلت علينا امرأة فما ولت أومأت بيدي أنها قصير فقال عليه السلام ” اغتبتيها ومن ذلك المحاكاة يمشي متعارجاً أو كما يمشي فهو غيبة بل هو أشد من الغيبة لأنه أعظم في التصوير والتفهيم ولما رأى رسول الله صلى الله عليه وسلم عائشة حاكت امرأة قال ” ما يسرني أني حاكيت إنساناً ولي كذا وكذا . وكذلك الغيبة بالكتابة فإن القلم أحد اللسانين. وذكر المصنف شخصاً معيناً وتهجين كلامه في الكتاب غيبة إلا أن يقترن به شيء من الأعذار المحوجة إلى ذكره – كما سيأتي بيانه – وأما قوله: قال قوم كذا: فليس ذلك غيبة، وإنما الغيبة التعرض لشخص معين إما حي وإما ميت. ومن الغيبة أن تقول: بعض من مر بنا اليوم، أو بعض من رأيناه؛ إذا كان المخاطب يفهم منه شخصاً معيناً؛ لأن المحذور تفهيمه دون ما به التفهيم فأما إذا لم يفهم عينه جاز. كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا كره من إنسان شيئاً قال ” ما بال أقوام يفعلون كذا وكذا فكان لا يعين. وقولك: بعض من قدم من السفر، أو بعض من يدعي العلم، إن كان معه قرينة تفهم عين الشخص فهي غيبة.


4 Komentar

  1. Abdulqodir maulakhailah mengatakan:

    ustad yang saya hormati ana mau naya,saat ini marak bisnis yang menggunakan layanan internet,sebut aja bisnis forex,ada saham terus pke mata uang dolar,sistem mirip seperti valas bagaimana hukumnya?

    • forsan salaf mengatakan:

      @ abdulkadir maulakhailah, terus terang kami kurang mengetahui proses yang anda sebutkan, namun jika prosesnya mirip dengan jual beli valuta asing , maka diperbolehkan.
      kami mohon untuk diperjelas lagi prosesnya bagaimana, agar kami bisa menghukumi dengan jelas.

  2. cah njeporo mengatakan:

    assalamu ‘alaikum ya ustadz..ana mahu tanya. bagaimana hukumnya facebook,,,yang disitu tdk terlepas dari comentar-comentar dari perempuan ajnabiyah…apakah dihukumi sama dg hukum “sms dg ajnabiyah” ???? syukron katsir ya ustd.

  3. forsan salaf mengatakan:

    @ cah jeporo, wa’alaikum salam Wr. Wb.
    Hukum tulisan sama dengan ucapan dimanapun tempatnya, baik dikertas, HP atau Facebook, sehingga jika tulisan itu haram untuk diucapkan, maka haram pula untuk dituliskan. Disamping itu, facebook-an justru lebih banyak mafsadhnya daripada SMS, karena dalam facebook terdapat foto perempuan ajnabiyah yang bisa mengakibatkan hukum haram.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: