Forsan Salaf

Beranda » Majelis Ifta' » Sujud Tilawah Di Luar Shalat

Sujud Tilawah Di Luar Shalat

sujud1‎السلام عليكم ورحمة الله وبركاته ‎

Semoga team ForsaNSalaf selalu berada di lindungan Allah ‘Azza wa Jalla serta di beri kemudahan dalam berda’wah di jalan Allah SWT.. Amieen..
Ana punya pertanyaan..
Bgm cara sujud tilawah di luar shalat dan doa nya apa? Kalau sujud Syukur?
Syukran Katsirn atas penjelasannya.. Jazakumullah kher..
FORSAN SALAF menjawab :

Sujud Tilawah sunnah bagi orang yang membaca ayat sajdah atau mendengarkannya. Sujud tilawah bisa dikerjakan di dalam shalat atau di luar shalat.

Syarat-syarat sujud tilawah di luar shalat samsa dengan syarat shalat yaitu suci dari hadats dan najis, menutup aurat dan menghadap kiblat.

Rukun-rukun sujud tilawah di luar shalat ada 7, yaitu : niat, takbirotul ihram, sujud, tuma’ninah, duduk, salam dan tertib.

Tata cara sujud tilawah di luar shalat : berdiri lalu takbirotul ihram disertai niat (disunnahkan mengangkat kedua tangan), kemudian sujud (disunnahkan takbir dengan tanpa mengangkat tangan), lalu duduk (disunnahkan takbir) dan salam.

Bacaan ketika sujud tilawah boleh dengan bacaan ketika sujud dalam shalat yaitu :  رَبِّيَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهْ  ”  “سُبْحَانَ , dalam riwayat diteruskan membaca :

سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهْ

اَللَّهُمَّ اكْتُبْ لِي بِهَا عِنْدَكَ أَجْرًا وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ ذُخْرًا وَضَعْ عَنيِّ بِهَا وِزْرًا وَاقْبَلْهَا مِنيِّ كَمَا قَبِلْتَهَا مِنْ عَبْدِكَ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمْ

Sujud syukur hanya disunnahkan di luar shalat dan dilarang dikerjakan di dalam shalat bahkan membatalkan shalat.

Syarat-syarat, rukun-rukun dan pelaksanaan sujud syukur sama dengan sujud tilawah di luar shalat.

روضة الطالبين وعمدة المفتين – (ج 1 / ص 118)

فصل في شرائط سجود التلاوة وكيفيته

أما شروطه فيفتقر إلى شروط الصلاة كطهارة الحدث والنجس وستر العورة واستقبال القبلة وغيرها بلا خلاف وأما كيفيته فله حالان حال في غير الصلاة وحال فيها فالأول ينوي ويكبر للافتتاح ويرفع يديه في هذه التكبيرة حذو منكبيه كما يفعل في تكبيرة الافتتاح في الصلاة ثم يكبر أخرى للهوي من غير رفع اليد ثم تكبير الهوي مستحب ليس بشرط وفي تكبيرة الافتتاح أوجه أصحها أنها شرط والثاني مستحبة والثالث لا تشرع أصلا قاله أبو جعفر الترمذي وهو شاذ منكر قلت قد قاله أيضاً صاحب التهذيب و التتمة وأنكره إمام الحرمين وغيره قال الإمام ولم أر لهذا ذكرا ولا أصلا وهذا الذي قاله الإمام هو الاصوب فلم يذكر جمهور أصحابنا هذا القيام ولا ثبت فيه شيء مما يحتج به فالاختيار تركه والله أعلم. ويستحب أن يقول في سجوده سجد وجهي للذي خلقه وصوره وشق سمعه وبصره بحوله وقوته وأن يقول اللهم اكتب لي بها عندك أجرا واجعلها لي عندك ذخرا وضع عني بها وزرا واقبلها مني كما قبلتها من عبدك داود عليه السلام ولو قال ما يقول في سجود صلاته جاز ثم يرفع رأسه مكبرا كما يرفع من سجود الصلاة وهل يشترط السلام فيه قولان أظهرهما يشترط فعلى هذا في اشتراط التشهد وجهان الأصح لا يشترط ومن الأصحاب من يقول في اشتراط السلام والتشهد ثلاثة أوجه أصحها يشترط السلام دون التشهد. وإذا قلنا التشهد ليس بشرط فهل يستحب وجهان حكاهما في النهاية. قلت الأصح لا يستحب والله أعلم.

الحال الثاني أن يسجد للتلاوة في الصلاة فلا يكبر للافتتاح لكن يستحب التكبير للهوي إلى السجود من غير رفع اليدين فكذا يكبر عند رفع الرأس كما يفعل في سجدات الصلاة ولنا وجه شاذ أنه لا يكبر للهوي ولا للرفع قاله ابن أبي هريرة ويستحب أن يقول في سجوده ما قدمناه وإذا رفع رأسه قام ولا يجلس للاستراحة ويستحب أن يقرأ شيئا ثم يركع ولا بد من انتصابه قائما ثم يركع. فإن الهوي من قيام واجب

التقريرات السديدة /376

اركان سجود التلاوة خارج الصلاة سبعة : النية ، تكبيرات الإحرام ، السجود، الطمأنينة فيه ، الجلوس ، السلام ، الترتيب .

ذكر سجود التلاوة : كسجود الصلاة ويزيد ” اللهم اكتب لي بها عندك أجرا واجعلها لي عندك ذخرا وضع عني بها وزرا واقبلها مني كما قبلتها من عبدك داود عليه السلام ” رواه الترمذي

المجموع – (ج 4 / ص 68)

(الشرح) حديث ابي بكرة رواه أبو داود والترمذي وفى إسناده ضعيف وقد قال الترمذي انه حديث حسن قال ولا نعرفه الا من هذا الوجه قال الشافعي والاصحاب سجود الشكر سنة عند تجدد نعمة ظاهرة واندفاع نقمة ظاهرة سواء خصته النعمة والنقمة أو عمت المسلمين قال اصحابنا وكذا إذا رأى مبتلى ببلية في بدنه أو بغيرها أبو بمعصية يستحب أن يسجد شكرا لله تعالي ولا يشرع السجود لاستمرار النعم لانها لا تنقطع قال أصحابنا وإذا سجد لنعمة أو اندفاع نقمة لا يتعلق بغيره استحب اظهار السجود وان سجد لبلية في غيره وصاحبها غير معذور كالفاسق اظهر السجود السجود فلعله يتوب وان كان معذورا كالزمن ونحوه أخفاه لئلا يتأذى به فان خاف من اظهاره للفاسق مفسدة أو ضررا أخفاه أيضا قال اصحابنا ويفتقر سجود الشكر إلى شروط الصلاة وحكمه في الصفات وغيرهما حكم سجود التلاوة خارج الصلاة قال الشيخ أبو حامد والاصحاب وفى السلام منه والتشهد ثلاثة أوجه كما في سجود التلاوة (الصحيح) السلام دون التشهد (والثاني) لا يشترطان (والثالث) يشترطان * (فرع) اتفق اصحابنا علي تحريم سجود الشكر في الصلاة فان سجدها فيها بطلت صلاته بلا خلاف وقد صرح المصنف بهذا في مسألة سجدة ص ولو قرأ آية سجدة سجد بها للشكر ففي جواز السجود وجهان في الشامل والبيان وغيرهما اصحهما تحرم وتبطل صلاته وهما كالوجهين فيمن دخل المسجد لا لغرض آخر *


8 Komentar

  1. Abu_Rayyan mengatakan:

    Assalaamu’alaikum Wr Wb
    Team Forsan Salaf yg dirahmati ALLAH, saya punya pertanyaan mengenai sujud tilawah & sujud syukur, sbb:
    1. Apa fadhilah melakukan sujud tilawah?
    2. Apa ada batasan maximal berapa kali sujud tilawah dalam sholat? misal: rokaat pertama baca ayat sajdah, lalu rokaat kedua, ketiga dan keempat juga baca ayat sajdah
    3. Saya pernah melihat teman, saat sedang baca alqur’an (posisi duduk bersila), setelah baca ayat sajdah trus langsung sujud (tanpa berdiri dan takbir, saat sujud tangan masih bawa alquran), setelah sujud langsung duduk bersila lagi dan melanjutkan baca alqur’an. apakah itu bisa disebut sujud tilawah?
    4. Apa boleh sujud tilawah tidak menghadap kiblat?
    5. Apa bacaan didalam sujud syukur?
    5. Ttg sujud syukur, sering kita lihat di TV, org sujud setelah mendapat berita gembira (menang hadiah, dll), tapi tdk sesuai rukun, langsung sujud saja, bgmn hukumnya?

    Syukron Katsiiro atas jawabannya.
    Wassalaamualaikum

  2. forsan salaf mengatakan:

    @ abu_rayyan, Wa’alaikum salam Wr. Wb.
    1. Termasuk fadhilah dari sujud tilawah adalah menghinakan syetan dan menjadikan mereka menyesal. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam muslim :
    عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِي يَقُولُ يَا وَيْلَهُ وَفِي رِوَايَةِ أَبِي كُرَيْبٍ يَا وَيْلِي أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِي النَّارُ
    jika anak adam membaca ayat sajdah lalu bersujud, maka syetan lari sambil menangis seraya berkata : “ celakanya aku, manusia diperintahkan untuk bersujud dan mereka lakukan, mereka dapatkan surga. Sedangkan aku diperintahkan bersujud namun aku menolak, sehingga aku mendapat siksa di neraka”

    2. Tidak ada batasan kesunahan sujud tilawah dalam shalat selama tidak terulang bacaan ayat sajdah dalam satu tempat/rakaat dan dibaca dalam keadaan berdiri bukan dalam keadaan lainnya. Namun jika terulang bacaannya dalam satu rakaat, maka hanya disunahkan sekali saja. Adapun jika terulangnya pada rakaat lain, maka tetap sunnah untuk sujud tilawah.
    3. Termasuk rukun sujud tilawah di luar shalat adalah takbir, sehingga tidak sah sujud tilawah dengan tanpa takbir. Adapun berdiri bukanlah termasuk rukun karena sujud tilawah seperti shalat sunnah, sehingga bisa dilakukan dalam keadaan duduk walaupun mampu berdiri. Sedangkan salam, menurut pendapat yang kuat termasuk rukun, namun menurut sebagian ulama’ seperti AlBuaithi dalam sujud tilawah tidak memerlukan salam.
    4. Karena sujud tilawah kedudukannya seperti shalat sunnah, maka wajib menghadap qiblat. Sehingga tidak sah dan haram apabila sujud tidak menghadap qiblat.
    5. Mengenai bacaan dalam sujud syukur, kami belum mendapatkan nashnya baik dari hadits atau kitab fikh. Namun yang perlu diketahui bacaan, baik dalam sujud tilawah atau sujud syukur tidak termasuk sebagai rukun, sehingga boleh untuk ditinggalkan.
    6. Kedudukan sujud syukur sebagaimana sujud tilawah yaitu seperti shalat sunnah, sehingga harus memenuhi persyaratan dan rukunnya seperti keterangan di atas. Jika tidak memenuhi , maka tidak sah bahkan haram.

    المجموع – (ج 4 / ص 73)
    (فرع) في فضل سجود التلاوة عن ابى هريرة رضى الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ” إذا قرأ ابن آدم السجدة فسجد اعتزل الشيطان يبكى يقول يا ويلاه أمر ابن آدم بالسجود فسجد فله الجنة وامرت بالسجود فابيت فلي النار ” *
    المجموع – (ج 4 / ص 64(
    وهل يفتقر الي السلام فيه قولان قال في البويطي لا يسلم كما لا يسلم منه في الصلاة وروى المزني عنه انه قال يسلم لانها صلاة تفتقر الي الاحرام فافتقرت الي السلام كسائر الصلوات وهل تفتقر الي التشهد المذهب انه لا يتشهد لانه لا قيام فيه فلم يكن فيه تشهد ومن أصحابنا من قال يتشهد لانه سجود يفتقر إلى الاحرام والسلام فافتقر الي التشهد كسجود الصلاة) *
    المجموع – (ج 4 / ص 71)
    (فصل) في مسائل تتعلق بسجود التلاوة (احداها) إذا قرأ آيات السجدات في مكان واحد سجد لكل سجدة فلو كرر الآية الواحدة في المجلس نظر ان لم يسجد للمرة الاولي كفاه للجميع سجدة واحدة وان سجد للمرة الاولي فثلاثة أوجه أصحها يسجد مرة أخرى لتجدد السبب وبهذا قال مالك واحمد وعن أبي حنيفة روايتان والثانى تكفيه الاولي قاله ابن سريج ورجحه صاحب العدة والشيخ نصر المقدسي وقطع به الشيخ أبو حامد في تعليقه والثالث ان طال الفصل بينهما سجد ثانيا والا فلا ولو كرر آية في الصلاة فان كان في ركعة فكالمجلس الواحد وان كان في ركعتين سجد للثانية أيضا كالمجلسين ولو قرأ مرة في الصلاة ومرة خارجها في مجلس واحد وسجد للاولي قال الرافعى لم أر فيه نصا للاصحاب قال واطلاقهم يقتضى طرد الخلاف فيه (الثانية) ينبغي أن يسجد عقب قراءة السجدة أو استماعها فان أخر وقصر الفصل سجد وان طال فاتت وهل تقضي فيه قولان حكاهما صاحب التقريب وتابعوه عليهما (أظهرهما) وبه قطع الشيخ أبو حامد والبندنيجي والصيدلاني وآخرون لا تقضى لانها تفعل لعارض فاشبهت صلاة الكسوف وضبط طول الفصل ياتي بيانه في باب سجود السهو ان شاء الله تعالى ولو قرأ سجدة في صلاته فلم يسجد سجد بعد سلامه ان قصر الفصل فان طال ففيه الخلاف ولو كان القارئ والمستمع محدثا حال القراءة فان تطهر علي قرب سجد والا فالقضاء علي الخلاف ولو كان يصلي فقرأ قارئ السجدة وسمعه فقد قدمنا انه لا يجوز ان يسجد لذلك فان سجد بطلت صلاته فإذا لم يسجد وفرغ من صلاته هل يسجد فيه طرق قال صاحب التقريب فيه القولان وقال البغوي يحسن ان يسجد ولا يتأكد كما يجيب المؤذن إذا فرغ من الصلاة وقال آخرون لا يسجد قطعا وهذا هو المذهب وبه قطع الشيخ أبو حامد في تعليقه ونقله عن نصه في البويطى

  3. nais mengatakan:

    sujud sukur tuh cuma sekali tanpa duduk iftirosy ya?

  4. forsan salaf mengatakan:

    @ nais, tatacara sujud syukur sama dengan sujud tilawah, hanya saja pelaksanaanya satu kali lalu duduk iftirosy dan salam.

  5. husin mengatakan:

    assalamualaikum ustd, saya mau tanya : apakah boleh melakukan sujud syukur setiap selesai melaksanakan sholat fardhu? Sukron ala ajwabikum.

  6. forsan salaf mengatakan:

    @husin. waalaikum salam wr.wb
    sujud syukur hanya di sunnahkan diluar sholat ketika mendapatkan nikmat,selamat dari bencana,melihat orang yang sakit atau orang yang terang-terangan bermaksiat dengan beberapa syarat dan rukun,syaratnya adalah seperti syaratnya sholat suci dari 2hadas,sucinya badan.tempat dan pakaian,menutup aurot,menghadap kiblat dan lainnya.adapun rukunnya ada 6: niat, takbiratul ikhrom,sujud, dudukberbaring apabila tidak mampu,salam,tertib.sedangkan orang yang melakukan sujud syukur setiap selesai sholat tanpa ada sebab maka hukumnya harom.

  7. Aris ariyanto mengatakan:

    Kepada team FORSAN SALAF yg dirohmati Alloh. Berkaitan dengan sujud tilawah ini saya sering melihat sebagian teman saya ketika menemukan ayat sajdah mereka tidak sujud tapi menggantinya dengan membaca ” subhanalloh wal hamdulillahi wala ilaha illalloh wallohu akbar “. Bagaimana menurut ustadz, bolehkah hal tersebut dan apakah ada dasar hukumnya ? Terimakasih.

  8. forsan salaf mengatakan:

    @ Aris ariyanto, Ketika ada bacaan ayat sajadah, maka disunnahkan bagi orang yang membaca atau mendengarnya untuk melakukan sujud tilawah, baik di dalam shalat atuakah di luar shalat. Namun bagi orang yang tidak ingin mengerjakannya, maka menurut Syekh Sulaiman al-Kurdi, cukup baginya sebagai pengganti sujud dengan membaca “AL BAAQIYAATUS SHOLIHAT ” yaitu bacaan :
    سُبْحَانَ الله وَاْلحَمْدُ للهِ وَلاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيمْ
    Dan Imam al-Jauhari mengatakan bahwa satu kali kalimat tersebut sudah bisa membandingi sujud tilawah.
    (liat kitab Bughyatul Mustarsyidin hal 59)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: