Forsan Salaf

Beranda » Featured » Perempuan Isthadhah Baca Al-Qur’an

Perempuan Isthadhah Baca Al-Qur’an

flowerAssalamu’alaikum.wr.wb.. Semoga team forsan tetep dlm lindungannya.. Amien
Ana punya pertanyaan, apa wanita istihadhoh boleh baca Alqur’an dan berdiam di masjid? Syukran katsir atas jawabannya, Jazakumullah khair..

From : Binta Abdulqadir Alhasni

FORSAN SALAF menjawab :

Wa’alaikum salam Wr. Wb.

Semoga anda dan sekeluarga juga selalu dalam lindungan Allah SWT, amin.

Istihadhah adalah darah yang keluar di selain waktu haid dan nifas.

Istihadhah ada kalanya kosong dari darah haid/nifas dan adakalanya bercampur dengan darah haid/nifas.

  • Darah istiihadhah yang kosong dari darah haid/nifas, seperti :

–         Keluar ketika berumur kurang dari 9 tahun dan 16 hari

–         Berumur 9 tahun atau lebih akan tetapi darahnya kurang dari 15 hari 15 malam.

–         Keluar bersama darah ketika melahirkan namun tidak didahului haid sebelum proses persalinan.

Keseluruhan darah di atas dihukumi istihadhah.

  • Darah istihadhah yang bercampur dengan darah haid/nifas, yaitu darah yang keluar lebih dari 15 hari 15 malam (360 jam).

Perempuan yang beristihadhah hukumnya sama dengan orang yang suci yaitu wajib melakukan shalat (dengan ketentuan dalam ilmu fikh), puasa dan boleh i’tikaf (dengan catatan aman dari mengotori masjid), membaca Al-Qur’an, berhubungan badan sekalipun masih mengeluarkan darah dan lain-lain.

إعانة الطالبين – (ج 1 / ص 90)

(تتمة) لم يتعرض المؤلف للاستحاضة وأحكامها بالخصوص. وحاصل ذلك أن الاستحاضة هي الدم الخارج في غير أوقات الحيض والنفاس، بأن خرج قبل تسع سنين أو بعدها، ونقص عن قدر يوم وليلة، وبأن زاد على خمسة عشر يوما بلياليها، أو أتى قبل تمام أقل الطهر، أو مع الطلق، ولم يتصل بحيض قبله. وهي حدث دائم فلا تمنع شيئا مما يمتنع بالحيض، من نحو صلاة ووطئ، ولو مع جريان الدم. وإذا أرادت المستحاضة أن تصلي يجب عليها أن تغسل فرجها من النجاسة، ثم تحشوه بنحو قطنة – وجوبا – دفعا للنجاسة أو تحفيفا لها، فإن لم يكفها الحشو تعصب بعده بخرقة مشقوقة الطرفين على كيفية التلجم المشهور، ولا يضر بعد ذلك خروج الدم إلا إن قصرت في الشد. ثم بعد ما ذكر تتوضأ، ثم عقب ذلك تصلي.

المجموع – (ج 2 / ص 542)

(فرع) يجوز وطئ المستحاضة في الزمن المحكوم بانه طهر ولا كراهة في ذلك وإن كان الدم هذا مذهبنا ومذهب جمهور العلماء وقد سيقت المسألة بدلائلها في أول الباب ولها قراءة القرآن وإذا توضأت استباحت مس المصحف وحمله وسجود التلاوة والشكر وعليها الصلاة والصوم وغيرهما من العبادات التى علي الطاهر ولا خلاف في شئ من هذا عندنا قال اصحابنا وجامع القول في المستحاضة انه لا يثبت لها شئ من أحكام الحيض بلا خلاف ونقل ابن جرير الاجماع علي انها تقرأ القرآن وان عليها جميع الفرائض التي علي الطاهر وروى عن ابراهيم النخعي انها لا تمس مصحفا ودليلنا القياس علي الصلاة والقراءة والله اعلم

المجموع – (ج 2 / ص 372)

(فرع) يجوز عندنا وطئ المستحاضة في الزمن المحكوم بأنه طهر وان كان الدم جاريا وهذا لا خلاف فيه عندنا قال القاضي أبو الطيب وابن الصباغ والعبد رى وهو قول أكثر العلماء ونقله ابن المنذر في الاشراف عن ابن عباس وابن المسيب والحسن وعطاء وسعيد بن جبير وقتادة وحماد بن أبي سليمان وبكر بن عبد الله المزني والاوزاعي ومالك والثوري واسحق وأبى ثور قال ابن المنذر وبه أقول وحكى عن عائشة والنخعي والحكم وابن سيرين منع ذلك وذكر البيهقى وغيره ان نقل المنع عن عائشة ليس بصحيح عنها بل هو قول الشعبى أدرجه بعض الرواة في حديثها وقال احمد لا يجوز الوطئ الا أن يخاف زوجها العنت واحتج للمانعين بأن دمها يجرى فأشبهت الحائض واحتج أصحابنا بما احتج به الشافعي في الام وهو قول الله تعالى (فاعتزلوا النساء في المحيض ولا تقربوهن حتى يطهرن فإذا تطهرن فأتوهن) وهذه قد تطهرت من الحيض واحتجوا أيضا بما رواه عكرمة عن حمنة بنت جحش رضى الله عنها أنها كانت مستحاضة وكان زوجها يجامعها رواه أبو داود وغيره بهذا اللفظ باسناد حسن وفى صحيح البخاري قال قال ابن عباس المستحاضة يأتيها زوجها إذا صلت الصلاة أعظم ولان المستحاضة كالطاهر في الصلاة والصوم والاعتكاف والقراءة وغيرها فكذا في الوطئ ولانه دم عرق فلم يمنع الوطئ كالناسور ولان التحريم بالشرع ولم يرد بتحريم بل ورد باباحة الصلاة التى هي أعظم كما قال ابن عباس والجواب عن قياسهم علي الحائض أنه قياس يخالف ما سبق من دلالة الكتاب والسنة فلم يقبل ولان المستحاضة لها حكم الطاهرات في غير محل النزاع فوجب الحاقه بنظائره لا بالحيض الذى لا يشاركه في شئ

المجموع – (ج 2 / ص 396(

قال المصنف رحمه الله * [ وان عبر الدم الخمسة عشر فقد اختلط حيضها بالاستحاضة فلا يخلو اما أن تكون مبتدأة غير مميزة أو مبتدأة مميزة أو معتادة غير مميزة أو معتادة مميزة أو ناسية غير مميزة أو ناسية مميزة فان كانت مبتدأة غير مميزة وهي التى بدأ بها الدم وعبر الخمسة عشر والدم علي صفة واحدة ففيها قولان احدهما تحيض أقل الحيض لانه يقين وما زاد مشكوك فيه فلا يحكم بكونه حيضا والثانى ترد الي غالب عادة النساء وهو ست أو سبع وهو الاصح


8 Komentar

  1. Binta abd.Qodir mengatakan:

    Syukran ats penjelasannya dr Forsan salaf.. Maaf ana mau tanya 1.kalau misalnya tgl 1-10 haid trus suci dr 11-20 dan keluar darah lg tgl 21-25.. Itu bgm?

  2. forsan salaf mengatakan:

    @ binta abdulkaqodir, hukum darah pertama selama 10 hari (mulai tanggal 1-10) adalah haid, sedangkan darah kedua selama 5 hari (tanggal 21-25) dihukumi istihadhah karena masih menyempurnakan masa suci sebelumnya (tanggal 11-20) agar mencapai paling sedikitnya suci yaitu 15 hari terhitung dari tanggal 11-25. Jika darah yang kedua lebih dari 5 hari seperti keluar dari tanggal 21-30, maka 5 hari pertama (tanggal 21-25) dihukumi istihadhah, sedangkan darah yang selanjutnya (tanggal 26-30) dihukumi haid kedua.
    Ketika masa istihadhah (tanggal 21-25) dihukumi seperti perempuan yang suci sebagaimana keterangan di atas.
    Referensi : Hasyiah al-Qulyubi juz 2 hal. 19

    حاشيتا قليوبي – وعميرة – (ج 2 / ص 19)
    ( فَصْلٌ ) إذَا ( رَأَتْ ) دَمًا ( لِسِنِّ الْحَيْضِ أَقَلُّهُ ) فَأَكْثَرُ ( وَلَمْ يَعْبُرْ أَكْثَرُهُ ) أَيْ لَمْ يُجَاوِزْهُ ( فَكُلُّهُ حَيْضٌ ) أَسْوَدَ كَانَ أَوْ أَحْمَرَ أَوْ أَشْقَرَ مُبْتَدَأَةً كَانَتْ أَوْ مُعْتَادَةً تَغَيَّرَتْ عَادَتُهَا أَوْ لَا إلَّا أَنْ يَكُونَ عَلَيْهَا بَقِيَّةُ طُهْرٍ كَأَنْ رَأَتْ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ دَمًا ثُمَّ اثْنَيْ عَشَرَ نَقَاءً ثُمَّ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ دَمًا ثُمَّ انْقَطَعَ ، فَالثَّلَاثَةُ الْأَخِيرَةُ دَمُ فَسَادٍ لَا حَيْضٌ ذُكِرَ ذَلِكَ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ مُفَرَّقًا

  3. Binta abd.Qodir mengatakan:

    Terimakasi banyak Forsan Salaf.. Jazakumullah khair,
    Maaf mau tanya lg,
    1.Perempuan istihadhoh wudlu’ny apa hanya utk satu sholat ja meski tdk keluar darahnya, misalnya 1wudlu’ buat sholat ìsya’ n s.ba’diyah isya’?
    Yg ke2, kalau mau baca alqur’an tdk papa jika tiba2 keluar darah? Maaf saya banyak tanya, ana bener2 bingung.. Mohom bimbingan nya

  4. forsan salaf mengatakan:

    @ binta abdulqodir,
    1. Wudhu’nya perempuan yang sedang istihadhah hanya bisa digunakan untuk satu kali shalat fardhu dan boleh untuk selainnya walau berkali-kali sebagaimana orang yang bersuci dengan tayammum.
    2. Perempuan yang sedang istihadhoh diperbolehkan untuk membaca Al-Qur’an walaupun dalam keadaan mengeluarkan darah, namun tidak diperbolehkan untuk memegangnya kecuali jika berwudhu’ dan tidak keluar darahnya akibat kecerobohannya seperti tidak menyumbat kemaluannya atau tidak menahan keluarnya darah dengan penahan yang kuat.

  5. Binta abd.Qodir mengatakan:

    Terimakasi banyak penjelesannya. Sangat membantu..^_^
    Smg tetap istiqomah dalam berdakwah,..

  6. forsan salaf mengatakan:

    @ binta abd. qodir, amin, mudah2an bisa memberikan manfaat buat kita dan semua umat muslimin. Amin

  7. akuw mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    bagaimana kalau wanita yang keputihan atau wanita yang mengeluarkan cairan bening seperti ingus? apakah sama juga harus wudu’ setiap mau sholat fardu.bagaimana kalau sebelum fardu dia sholat sunat qobliyah dulu apakah harus wudu’ lagi untuk fardunya?
    Terima kasih

  8. forsan salaf mengatakan:

    @ akuw, jika keputihannya keluar secara terus menerus tanpa ada terputusnya, maka hukumnya sama dengan perempuan yang istihadhah, yaitu wajib wudhu’ setiap shalat fardhu, dan lain-lain. Namun jika tidak secara terus menerus seperti hanya beberapa saat, maka tidak dihukumi seperti perempuan istihadhah.
    Ketika sudah berwudhu, diperbolehkan baginya untuk melakukan segala hal yang masih tergolong kemaslahatan shalat seperti shala sunnah qabliyah, menunggu shalat berjamaah, menjawab adzan atau iqomah, menutup aurat tanpa harus mengulangi wudhu’nya kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: