Forsan Salaf

Beranda » Majelis Ifta' » Hubungan Setelah Pertunangan

Hubungan Setelah Pertunangan

cincin tunanganAssalamualaikum.
Ustd ana mau tanya apakah ada pendapat baru tentang hukum-hukum yang memperbolehkan seseorang yang sudah bertunangan untuk melakukan komunikasi seperti tlpon, sms tanpa ada kebutuhan dan menemui si calon ketika ingin bertemu, soalnya kemarin ana mendengar dari seorang teman yang mengatakan bahwasannya ada sebuah kitab yang berpendapat lain yaitu memperbolehkan hal tersebut untuk dilakukan bagi seorang yang sudah bertunangan.tapi ana tidak tahu apa nama kitabnya.af1 syukron
Wassalamualaikum.

FORSAN SALAF menjawab :

Wa’alaikum salam Wr. Wb.

Seseorang yang akan melakukan pertunangan, disunnahkan untuk ta’aruf antara calon suami-istri dengan melihat wajah dan kedua telapak tangan calon istri sekedarnya. Dan diperbolehkan untuk diulang-ulangi jika belum mantap. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kekecewaan kelak setelah menikah. Adapunseperti melakukan pertemuan atau berbicara melalui telepon untuk kepentingan syahwat, maka haram. Jawaban lebih terperinci bisa Anda lihat dari jawaban kami pada konsultasi bertema Tunangan saja belum cukup

Kami sarankan kepada Anda untuk tidak gampang menerima fatwa agama dari segala orang, kecuali dari ulama’ yang sholeh atau dari kitab yang berazaskan paham ahlussunnah wal jamaah.

روضة الطالبين وعمدة المفتين – (ج 2 / ص 455)

فرع إذا رغب في نكاحها استحب أن ينظر إليها لئلا يندم وفي وجه لا يستحب هذا النظر بل هو مباح والصحيح الأول للأحاديث ويجوز تكرير هذا النظر ليتبين هيئتها وسواء النظر بإذنها وبغير إذنها فإن لم يتيسر النظر بعث امرأة تتأملها وتصفها له والمرأة أيضاً تنظر إلى الرجل إذا أرادت تزوجه فإنه يعجبها منه ما يعجبه منها ثم المنظور إليه الوجه والكفان ظهرا وبطنا ولا ينظر إلى غير ذلك وحكى الحناطي وجهين في المفصل الذي بين الكف والمعصم وفي شرح مختصر الجويني وجه أنه ينظر إليها نظر الرجل إلى الرجل والصحيح الأول قال الإمام ويباح هذا النظر وإن خاف الفتنة لغرض التزوج ووقت هذا النظر بعد العزم على نكاحها وقبل الخطبة لئلا يتركها بعد الخطبة فيؤذيها هذا هو الصحيح وقيل ينظر حين تأذن في عقد النكاح وقيل عند ركون كل واحد منهما إلى صاحبه وذلك حين تحرم الخطبة على الخطبة قلت وإذا نظر فلم تعجبه فليسكت ولا يقل لا أريدها لأنه إيذاء و الله أعلم.

إعانة الطالبين – (ج 3 / ص 299)

(قوله: فينظر من الحرة وجهها الخ) أي ولو بشهوة أو خوف فتنة، كما قاله الامام والروياني، وإن قال الاذرعي في جواز نظره بشهوة نظر، والمعتمد الجواز، ولو بشهوة، وله تكريره إن احتاج إليه، ولو فوق الثلاث، حتى يتبين له هيئتها، فإن لم يحتج إليه لكونه تبين له هيئتها بنظرة حرم ما زاد عليها، لان الضابط في ذلك الحاجة.


1 Komentar

  1. muhammadon mengatakan:

    siiiiiiiiiiiip betul tu beb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: