Forsan Salaf

Beranda » Majelis Ifta' » Menggabung Shalat Tarawih Dengan Qodho’ Subuh

Menggabung Shalat Tarawih Dengan Qodho’ Subuh

tarawihass.wr.wb.

ana mo tanya klo qodo’ sholat subuh yg sdh lama ditinggalkan, tetapi tdk qunut krn digabung dgn sholat sunnah tarawih berjamaah. Apakah sholatnya sah ?

FORSAN SALAF menjawab :

Menggabung niat shalat fardhu (baik qodho’ ataukah ada’) dengan shalat tarawih hukumnya tidak sah dan tidak mendapatkan keduanya. Akan tetapi menurut Imam Ibn Sholah mendapatkan shalat qodho’ fardhu saja. [1]

Sedangkan jika hanya niat shalat fardhu bermakmum dengan imam shalat tarawih, maka sah dan mendapatkan fadhilah jamaah menurut pendapat yang kuat. [2]

Adapun hukum qunut dalam shalat subuh adalah sunnah ab’adh yaitu sunnah yang disunnahkan untuk sujud sahwi bagi orang yang meninggalkannya dan tidak membatalkan shalat jika meninggalkannya. [3]

Catatan : walaupun Imam Ibn Sholah menyatakan tetap mendapatkan shalat qodho’ saja, namun pendapat ini masih kontroversial di kalangan ulama, karena masih ada pertentangan dari Imam al-Isnawi. Oleh karena itu, kami anjurkan agar tidak menggabungkan niat keduanya, akan tetapi hanya berniat qodho’ shalat subuh saja.

[1] الأشباه والنظائر – (ج 1 / ص 35)

الْقِسْم الثَّانِي : أَنْ يُنْوَى مَعَ الْعِبَادَة الْمَفْرُوضَة عِبَادَة أُخْرَى مَنْدُوبَة .

وَفِيهِ صُوَر : مِنْهَا مَا لَا يَقْتَضِي الْبُطْلَانَ وَيَحْصُلَانِ مَعًا ، وَمِنْهَا مَا يَحْصُلُ الْفَرْضُ فَقَطْ ، وَمِنْهَا مَا يَحْصُل النَّفَل فَقَطْ وَمِنْهَا : مَا يَقْتَضِي الْبُطْلَان فِي الْكُلّ . فَمِنْ الْأَوَّل : أَحْرَمَ بِصَلَاةٍ وَنَوَى بِهَا الْفَرْض وَالتَّحِيَّة ؛ صَحَّتْ ، وَحَصَلَا مَعًا ….الى ان قال….. وَمِنْ الثَّانِي : نَوَى بِحَجِّهِ الْفَرْض وَالتَّطَوُّع ، وَقَعَ فَرْضًا ؛ لِأَنَّهُ لَوْ نَوَى التَّطَوُّعَ انْصَرَفَ إلَى الْفَرْض . ومنها: صَلَّى الْفَائِتَة فِي لَيَالِي رَمَضَان ، وَنَوَى مَعَهَا التَّرَاوِيح فَفِي فَتَاوَى ابْنِ الصَّلَاحِ حَصَلَتْ الْفَائِتَة دُون التَّرَاوِيح .قَالَ الْإِسْنَوِيُّ : وَفِيهِ نَظَرٌ ؛ لِأَنَّ التَّشْرِيك مُقْتَضٍ لِلْإِبْطَالِ .

[2] حاشية الجمل – (ج 5 / ص 115)

( قَوْلُهُ وَيَصِحُّ الِاقْتِدَاءُ لِمُؤَدٍّ إلَخْ ) أَيْ وَيَحْصُلُ لَهُ فَضْلُ الْجَمَاعَةِ فِي جَمِيعِ هَذِهِ الصُّوَرِ عَلَى مُعْتَمَدِ م ر ا هـ .  شَيْخُنَا لَكِنَّهُ مُشْكِلٌ لِأَنَّ الْجَمَاعَةَ فِي هَذِهِ الصُّوَرِ غَيْرُ سُنَّةٍ بَلْ مَكْرُوهَةٌ ، وَمَا لَا يُطْلَبُ لَا ثَوَابَ فِيهِ ، وَإِنْ أُجِيبَ بِاخْتِلَافِ الْجِهَةِ قُلْنَا أَيْنَ الِاخْتِلَافُ ( قَوْلُهُ وَمُفْتَرِضٌ بِمُتَنَفِّلٍ إلَخْ ) فَتَصِحُّ الْعِشَاءُ خَلْفَ التَّرَاوِيحِ كَمَا لَوْ اقْتَدَى فِي الظُّهْرِ بِالصُّبْحِ فَإِذَا سَلَّمَ الْإِمَامُ قَامَ لِيُتِمَّ صَلَاتَهُ ، وَالْأَوْلَى لَهُ إتْمَامُهَا مُنْفَرِدًا فَإِنْ اقْتَدَى بِهِ ثَانِيًا فِي رَكْعَتَيْنِ أُخْرَيَيْنِ مِنْ التَّرَاوِيحِ جَازَ كَمُنْفَرِدٍ اقْتَدَى فِي أَثْنَاءِ صَلَاتِهِ بِغَيْرِهِ وَتَصِحُّ الصُّبْحُ خَلْفَ الْعِيدِ وَالِاسْتِسْقَاءِ وَعَكْسُهُ لِتَوَافُقِ نَظْمِ أَفْعَالِهِمَا ، وَالْأَوْلَى لَهُ أَنْ لَا يُوَافِقَهُ فِي التَّكْبِيرِ الزَّائِدِ إنْ صَلَّى الصُّبْحَ خَلْفَ الْعِيدِ أَوْ الِاسْتِسْقَاءِ ، وَلَا فِي تَرْكِهِ إنْ عَكَسَ اعْتِبَارًا بِصَلَاتِهِ ، وَلَا تَضُرُّ مُوَافَقَتُهُ فِي ذَلِكَ لِأَنَّ الْأَذْكَارَ لَا يَضُرُّ فِعْلُهَا ، وَإِنْ لَمْ يُنْدَبْ ، وَلَا تَرْكُهَا ، وَإِنْ نُدِبَتْ ، وَلَيْسَ فِي الِاسْتِسْقَاءِ اسْتِغْفَارٌ كَمَا يَأْتِي فِي بَابِهِ فَمَنْ عَبَّرَ بِقَوْلِهِ لَا يُوَافِقُهُ فِي الِاسْتِغْفَارِ أَيْ عَلَى الْقَوْلِ بِهِ إنْ ثَبَتَ أَنَّ فِيهِ قَوْلًا ، وَإِلَّا فَهُوَ ، وَهْمٌ سَرَى لَهُ مِنْ الْخُطْبَةِ إلَى الصَّلَاةِ ا هـ .

[3] التقريرات السديدة / 368-369

اسباب سجود السهو :

الأول : فعل ما يبطل عمده ولا يبطل سهوه اذا فعله ناسيا

الثاني : ترك بعض من ابعاض الصلاة او بعض البعض ولو تركها عمدا، والأبعاض ثلاثة بالإختصار :

–       التشهد الأول وقعوده والصلاة على النبيe

–       القنوت وقيامه والصلاة على النبي e والآل والصحب فيه.

–       الصلاة على الآل في التشهد الأخير.


2 Komentar

  1. reza mengatakan:

    assalamualaikum.yang saya hormati habib taufiq dan teman-teman fs semoga selalu dalam perlindungan allah s.w.t. habib saya mau tanya,saya sekarang berada di luar negri[belanda].saya mau tanya.sekang masuk musim panas waktu perdaan solat di disini tidak menentu.saya beri contoh hari ini 17-05-2010.solat dzuhur13.37.asar19.oo.maghrib21.34.isha’01.06 dan subuh 01.53.yang jadi pertanyaanya adalah kalau perbedaan antara isha dan subuh.dan gimanan kalau saya besok nya kerja,kalau saya menunggu jelas kondisi badan saya tidak akan memungkinkan.apkah saya boleh menjama’ solat isha setelah solat maghrib.sukron katsir.

  2. forsan salaf mengatakan:

    @ reza, wa’alaikum salam Wr. Wb.
    mohon maaf, karena kami menilai pertanyaan anda sangatlah penting dan berkenaan bukan pada diri anda saja melainkan pada semua orang muslim yang tinggal di daerah tersebut, maka kami akan menjawab pertanyaan anda dalam artikel tersendiri dan akan segera kami posting untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: